Follow kami di google berita

Hadiri Workshop Pranata Komputer, Faisal Sebut Keberhasilan SPBE Lewat Pranata Komputer

Anews.id, Balikpapan – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal menyebutkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  (SPBE) memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel.

“Salah satu kunci keberhsilan SPBE sendiri adalah kawan-kawan pranata komputer, dengan catatan ketika bicara SPBE jangan berbicara basisnya saja tapi sitem pemerintahan harus diperkuat,”ungkap Faisal saatmenghadiri Workshop Pranata Komputer, yang dilaksanakan di Hotel Grand Tjokro, Balikpapan. Kamis (19/5/2022).

Faisal menambahkan pranata komputer harus benar-benar menjadi tiang mandiri untuk SPBE, tidak hanya berpikir untuk dirinya sendiri dan mengejar nilai, sehingga lupa dengan tugasnya untuk berinovasi pada dinasnya.

“Salah satu peran penting SPBE adalah pranata komputer baik dia sebagai operator, analisis mau pun programer, kita butuh sekali inovasi kreatifitas,”ucap Faisal.

Ia menilai komplitnya peralatan yang dipunya, jika dibelakang tidak kreatif maka tidak ada gunanya. Sistem sebagus apa pun apabila operatornya tidak bagus maka tidak akan bagus.

Faisal pun menegaskan ini menjadi PR ialah dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN), karena hadirnya IKN terjadi pertcepatan transformasi digital.

“Kita harus percepat juga kualitas SDM di IKN, ini menjadi PR yang sangat berat,” tegasnya.

Sementara, menurut Kepala Diskominfo Kota Balikpapan Adamin mengatakan ASN dituntut untuk lebih cepat beradaptasi menyesuaikan budaya kerja jabatan fungsional yang lebih mengutamakan keahlian dan keterampilan spesifik.

Penerapan SPBE menjadi suatu kewajiban yang mutlak agara pemerintah tidak ketinggalan jaman. pandemi Covid-19 menunjukan bahwa teknologi sangat penting  bagi organisasi pemerintahan terlebih saat ini.

Pranata komputer memiliki peranan penting dalam merencakan, menganilisa, merancang mengimplementasikan, mengembangkan atau mengoprasikan sistem berbasis komputer saat ini. (Yud/adv/Kominfokaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel