Follow kami di google berita

Petugas dan Warga Binaan Rutan Tanjung Redeb Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Bersama BPBD Berau

A-News.id,Tanjung Redeb — Petugas dan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) Rutan Tanjung Redeb laksanakan Pelatihan Mitigasi Bencana bekerjasama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Berau (20/07/2022).

Kehadiran petugas BPBD Berau di Rutan Tanjung Redeb dipimpin Kabid (Kepala Bidang) Kedaruratan BPBD Berau, Novian Hidayat, dan di dampingi Kasi Kedaruratan dan Penanggulangan, Askar Husairi beserta tim pemadam kebakaran.

Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham menjelaskan, Pelaksanaan pelatihan kali ini akan mengikut sertakan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) guna memberi bekal ilmu dalam menanggulangi permasalahan jika terjadi bencana.

“Bekerjasama dengan BPBD Berau, kami laksanakan imitigasi Bencana mengikut sertakan WBP guna memberi mereka bekal ilmu jika suatu saat terjadi bencana,” ujarnya.

Puang berharap, Pelatihan Mitigasi bencana alam ini dapat di implementasikan jajaran petugas Rutan Tanjung Redeb dalam bertugas memberi pengamanan, menjaga dan merawat WBP. Utamanya jika terjadi keadaan darurat bencana alam.

“Saya harap pelatihan Mitigasi bencana oleh jajaran petugas rutan dapat diimplementasikan dalam bertugas menjaga WBP. Terlebih jika terjadi keadaan darurat,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Penanggulangan, Askar Husairi menerangkan, dalam suatu bencana yang selalu bersifat mendadak, kunci ketangguhan bencana adalah mampu mengenali potensi, menganalisa penyebabnya, mengantisipasi dan meminimalisir risiko.

“Pentingnya menganalisa potensi, menganalisa penyebab dan mengantisipasi serta meminimalisir risiko jika terjadi suatu bencana,” ungkapnya.

Sedangkan, Kabid Kedaruratan BPBD Berau, Novian Hidayat, berharap petugas di Rutan Tanjung Redeb dapat lebih sigap, tanggap dan tepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Novian juga berharap, dari pelatihan mitigasi yang di laksanakan, Petugas Rutan dapat berkolaborasi apabila terjadi suatu insiden di wilayah Kabupaten Berau.

“Saya berharap kolaborasi dan sinergi dari Petugas di Rutan Tanjung Redeb apabila ada suatu insiden dapat siap dan tanggap membantu tugas kami di BPBD,” tandasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel