Follow kami di google berita

Peringatan Dini BMKG Berau: Hujan Sedang-Lebat, Kilat, dan Angin Kencang

A-news.id, Tanjung Redeb — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Berau mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Berau dan sekitarnya. Kepala BMKG Berau, Ade Heryadi, menjelaskan bahwa pada tanggal 14 Agustus 2023 pukul 16:50 WITA, diperkirakan akan terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan data yang Kondisi cuaca ini berpotensi terjadi pada pukul 17:02 WITA di beberapa wilayah, antara lain di Kabupaten Kutai Kartanegara: Muara Muntai, Muara Wis, Kabupaten Berau: Kelay, Sambaliung, Segah, Gunung Tabur, Pulau Derawan, Teluk Bayur, Tabalar, Kabupaten Kutai Barat: Bongan, Kabupaten Kutai Timur: Muara Wahau, Teluk Pandan, dan sekitarnya.

Berdasarkan data yang diedarkan, Ade mengungkapkan bahwa peringatan dini ini dapat meluas ke wilayah lainnya, seperti Kabupaten Kutai Kartanegara: Loa Kulu, Sebulu, Kota Bangun, Kenohan, Muara Kaman, Kabupaten Berau: Biatan, Kabupaten Kutai Timur: Kongbeng, Sangatta Selatan, Karangan, dan Kota Bontang: Bontang Utara, Bontang Selatan, Bontang Barat, dan sekitarnya. Diperkirakan kondisi cuaca ini akan berlangsung hingga pukul 20:35 WITA.

BMKG Berau mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan adanya potensi cuaca buruk ini. Kondisi cuaca tersebut dapat menyebabkan jalanan basah dan licin dengan jarak pandang yang berkurang. Selain itu, masyarakat di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala kecil perlu mewaspadai kemungkinan adanya genangan air di sebagian jalanan dan pemukiman.

“Kita himbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan aktifitas,” bebernya.

Saat ini, BMKG Berau terus memantau perkembangan cuaca dan siap memberikan informasi terbaru kepada masyarakat. Masyarakat diimbau untuk tetap mengikuti perkembangan cuaca melalui sumber resmi seperti BMKG dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan diri dan mencegah terjadinya kemungkinan kerugian akibat cuaca buruk ini. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel