PREDIKSI SEMENTARA JOE BIDEN KALAHKAN DONALD TRUMP DI PEMILIHAN PRESIDEN AS

Joe Biden (Kiri) Donald Trump (kanan)

ANEWS, Internasional – Perolehan suara Pemilihan Presiden AS sangat tipis, hingga berita ini diterbitkan Kamis (5/11) perolehan suara Joe Biden mengungguli Donald Trump, 264 Suara Electoral College dikantongi Joe Biden, sementara untuk Trump 214 Suara Electoral College. Jumlah suara elektoral ini berdasarkan Negara-negara bagian yang dimenangkan oleh Biden maupun Trump.

Electoral College adalah suara elektoral pada 50 negara bagian AS berdasarkan jumlah populasi masing-masing negara bagian. Terdapat 538 suara elektoral di seluruh AS. Artinya, baik Trump atau Biden, membutuhkan minimal 270 suara elektoral untuk dapat memenangi pilpres untuk berhasil menduduki Gedung Putih

Dari perolehan sementara diatas, artinya Joe Biden tinggal membutuhkan 6 Electoral College/suara elektoral lagi untuk mencapai jumlah minimal suara elektoral, yakni 270 untuk duduk di Gedung Putih, sedangkan Trump harus membutuhkan 56 suara electoral lagi untuk mencapai jumlah minimal 270.

survey google us election

Selisih presentase suarapun berbeda tipis, Biden 50,4% dan Trump 48% dengan jumlah suara masing-masing 72.038.030 dan 68.580.825. beberapa jam yang lalu Joe Biden tampil di sebuah lokasi tepatnya di Wilmington, Delaware. Joe Biden mengungkapkan bahwa dia tak menyatakan diri dia menang tapi menyatakan bahwa jika semua surat suara sudah dihitung dia yakin bahwa pemenangnya ialah dirinya.

Tak lama dari pernyataan Biden tersebut Trump pun membuka suara di akun twitternya. “Saya mengklaim Negara bagian Pennsylvania, Georgia, North Carolina, yang masing-masing memiliki keunggulan besar Trump,” ungkap Trump di akun twitternya.

Mayoritas pemilih muslim Amerika Serikat memberikan suara mereka untuk calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden yakni sebanyak 69%. Sementara 17% mendukung Presiden Donald Trump, mennurut survei yang dilakukan oleh organisasi kebebasan sipil dan advokasi muslim di AS.

Bagaimana hasil akhir perhitungan suara elektoral untuk kedua kandidat, dan siapa diantara Joe Biden atau Donald Trump yang akan memenangkan Pilpres AS ini dan duduk di Gedung Putih untuk periode 4 tahun ke depan di negeri Paman Sam itu?  (nov)

Bagikan