Penyemprotan Disinfektan di Teluk Bayur

ANews, Teluk Bayur – Jajaran TNI-Polri bersama dengan Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk menyemprot disifektan sejumlah fasilitas umum meliputi Pasar, Taman, Bank, Tepian hingga Bandara Kalimarau di wilayah Teluk Bayur, Rabu (30/6/2021).

Penyemprotan yang digelar tersebut merupakan buntut dari angka terkonfirmasi positif covid-19 di Kecamatan Teluk Bayur beberapa hari belakangan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kapolsek Teluk Bayur Iptu Kasiyono menyampaikan, kegiatan tersebut diselingi dengan giat operasi yustisi kepada warga yang ditemukan tidak mengenakan masker. Sementara itu, himbauan dan sosialisasi terkait bahaya covid-19 juga disampaikan Kapolsek kepada masyarakat sembari mengarahkan tim di lapangan melakukan penyemprotan.

“Ini kita sasar fasilitas puiblik yang rutin dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat,” katanya di sela-sela kegiatan.

“Kegiatan ini nanti akan kita rutin laksanakan karena melihat minggu ini tingkat penyebaran covid-19 di wilayah Teluk Bayur sekitarnya dan juga kelurahan Rinding mengalami peningkatan, kita kembali mengingatkan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan terhadap penyebaran covid-19 ini,” jelasnya.

Pihak kelurahan menyebut, lonjakan kasus positif covid-19 di Teluk Bayur itu ditegaskan agar satuan tugas di tiap rukun tetangga (RT) untuk aktif melakukan pelaporan bagi warga yang dinyatakan positif covid-19 sehingga penanggulangan seperti sterilisasi lingkungan sekitar dapat sedini mungkin dilaksanakan.

“Ada 24 RT di Kelurahan Teluk Bayur itu semua sudah dibentuk satgasnya dan berjalan dengan baik, dan Alhamdulillah untuk pelaporannya juga berjalan, termasuk daerah RT rawan seperti yang ada di pusat Kecamatan,” kata Lurah Teluk Bayur Irwan Hamdani.

“Kalau ada yang diduga terpapar biasanya kita langsung berkoordinasi dengan tim tenaga kesehatan dari Puskesmas dan langsung melakukan pemeriksaan dan pemantauan,” pungkasnya.

Untuk diketahui Teluk Bayur merupakan satu diantara empat kecamatan selain Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan yang berzona oranye. Dengan total kasus terkonfirmasi positif covid-19 sudah sebanyak 550 jiwa sedangkan 42 orang masih menjalani perawatan. (mik)

Bagikan