Pemkab Berau Umumkan Pendaftaran dan Seleksi CPNS Tahun 2021 Mulai 30 Juni 2021

ANEWS, Berau – Pemkab Berau akan melaksanakan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2021, berdasarkan Keputusan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi RI Nomor :578 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau tahun Anggaran 2021. Hal ini diinformasikan Kepala BKPP Kabupaten Berau, Muhammad Said, Rabu, 30/6/2021.

Adapun jumlah formasi dan kualifikasi Pendidikan yang diperlukan Tenaga Kesehatan sebanyak 244 orang, Tenaga Teknis 40 orang dan Penyandang Disabilitas sebanyak 6 orang, yang diambil dari alokasi formasi tenaga teknis.

Ketentuan dan Persyaratan Umum
WNI yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan,

Usia 18 (delapan belas tahun) sampai dengan 35 (tiga puluh lima tahun) 0 (nol) bulan 0 (nol) hari untuk Jabatan Dokter, Dokter Gigi, dan Dokter Spesialis (sesuai Keppres Nomor 17 Tahun 2019), ditunjukkan dengan KTP yang masih berlaku dan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah.

Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, Anggota TNI/Polri/pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri /Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.

Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan.

Pelamar yang melamar pada kebutuhan jenis Jabatan tenaga Kesehatan yang mensyaratkan Surat Tanda Registrasi harus melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR) bukan internship sesuai Jabatan yang dilamar, masih berlaku pada saat pelamaran, yang dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada Surat Tanda Registrasi (STR).

Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah.

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.

Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK dari Kepolisian Setempat.

Pelamar hanya boleh mendaftar pada 1 (satu) instansi/daerah dalam satu periode/event pelaksanaan seleksi,

Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian).
Jenis Formasi terdiri dari Formasi Khusus, Formasi Umum dan Formasi Yang Dapat Dilamar oleh Penyandang Disabilitas.

Adapun Persyaratan Khusus, rinciannya dapat dilihat di laman Portal SSCASN 2021

Tata Cara Pendaftaran
Para Pelamar seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Berau Tahun 2021 dapat melakukan pendaftaran secara online melalui Portal SSCN http://sscasn.bkn.go.id

Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online dan mencermati setiap keterangan/instruksi/pemberitahuan/peringatan yang muncul di halaman-halaman pendaftaran online tersebut.

Pelamar Seleksi Penerimaan CPNS Formasi Umum Pemerintah Kabupaten Berau Tahun 2021 wajib memiliki Surat Elektronik (email) yang masih aktif/berlaku.

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Pelamar Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Berau tahun 2021 wajib mempersiapkan NIK, Nomor KK, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga pelamar, karena pelamar hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali di portal ini.

Untuk masuk ke Portal Pendaftaran Online http://sscasn.bkn.go.id (membuat akun pendaftaran), calon pelamar akan membuat akun dengan menggunakan NIK dan NIK kartu Keluarga untuk mendapatkan username dan password yang dikirm ke email masing-masing.calon pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Berau, Muhammad Said, SH

Jika anda telah berhasil melakukan pendaftaran di Portal SSCASN 2021, selanjutnya Anda harus mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke Portal SSCASN 2021.

Setelah Pelamar berhasil mendaftar silahkan LOGIN ke http://sscasn.bkn.go.id, kemudian masukkan NIK dan PASSWORD yang telah Anda daftarkan, untuk ke tahap berikutnya melengkapi biodata, memilih instansi, jenis formasi, pendidikan dan jabatan yang dilamar serta meng-upload data: Scan Ijazah Asli dan Ijazah profesi asli (khusus Dokter, Apoteker dan Ners); Scan STR Asli (Khusus Tenaga Kesehatan), Scan Sertifikat Pendidik/Akta Mengajar Asli (khusus Tenaga Guru) (Tidak berlaku untuk Surat Keterangan Lulus Pendidikan); Scan Transkrip Asli; Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 X 6 cm dengan latar belakang warna merah; Scan KTP/Asli Surat Keterangan dari Disdukcapil bagi yang belum mendapatkan E-KTP; Swafoto/Selfie dengan Bukti Pendaftaran CPNS dan KTP.

Sedangkan informasi lainnya terkait seperti pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di Papan Pengumuman Kantor BKPP Kabupaten Berau dan Portal SSCASN 2021.

Jadwal Seleksi
Pengumuman Seleksi ASN : 30 Juni s/d 14 Juli 2021. Pendaftaran Seleksi ASN Online http://sscasn.bkn.go.id : 30 Juni s/d 21 Juli 2021, Pengumuman hasil Seleksi : 28 s/d 29 Juli 2021 dan informasi jadwal lainnya dapat dilihat di papan pengumuman di Kantor BKPP Berau dan Portal SSCASN 2021. (yud)

Bagikan