Follow kami di google berita

Pemkot Samarinda Akan Adakan Rapat Dengan Kemendagri, Andi Harun Sebut Akan Fokus Pembahasan IKN

(Foto: Walikota Samarinda, Andi Harun/Ist)

Anews.id, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan menggelar rapat dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jum’at (17/2/2023) mendatang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Walikota Samarinda, Andi Harun. Ia menuturkan pihaknya tidak ingin sekedar datang dan diam saja selama rapat tersebut. Namun, ingin membawa pokok pikiran maupun ide demi menunjang keberlangsungan IKN Nusantara.

“Setelah ditetapkannya Samarinda sebagai jantung ibu kota negara, sekaligus penyangga ibu kota negara, tentu harus mempersiapkan bahan dan usulan yang akan kita bawa di rapat soal IKN. Karena setiap kita diundang, kita tidak hanya datang, mendengar, duduk. Tapi ada pikiran-pikiran dan usulan yang kita sampaikan,” Ungkap Andi Harun saat ditemui awak media. Rabu (15/2/2023).

Tak hanya itu, AH sapaan karibnya menyebutkan salah satu pokok pikiran yang akan disuarakan pada rapat kelak yakni pencanangan Kota Satelit Palaran dan realisasi Pusat Pengembangan Energi Terbaharukan.

“Bahwa seluruh layanan energi gas, tidak lagi ebrtumpu dan bergantung pada gas LPG. Tapi kita sudah memiliki stasiun pengisian gas, yang bisa dioperasikan layaknya PDAM. Ini cita-cita kita, harapan kita,” tuturnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Samarunda itu menambahkan pencanangan gasifikasi ini juga merupakan wujud respon Pemkot Samarinda dalam pelaksanaan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Bagaimana di Samarinda, pelayanan energi rumah tangga sudah berbasis gas. Sebagian wilayah sudah ada, misalnya kaya’ di Makroman. Tapi itu baru di kawasan tertentu, kita ingin semua nanti sudah pakai sistem gasifikasi,”pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel