Pemkab Ingin Optimalisasi Hilir SDA dan Pertanian. Falen :  Jangan Sekedar Tulisan Di Atas Kertas

A-News.id, Tanjung Redeb – Ketua DPRD Kabupaten Berau Madri Pani bersama Anggota Komisi 2 Falentinus mengunjungi lahan perkebunan yang berada di Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur, Sabtu (28/08/2021).

Lahan yang luasnya kurang lebih 50 hektar tersebut rencananya akan ditanami porang serta akan dibangun pabrik oleh salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Berau, Hj. Abidinsyah.

Madri Pani sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan tokoh tersebut untuk ikut serta dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Berau.

“Haji bidin ini adalah salah satu pelopor yang dapat memberdayakan masyarakat lokal serta memberi semangat kepada masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan khususnya di bidang pertanian dan perkebunan,” jelas Madri Pani.

Madri menambahkan, sempat berbicang-bincang bersama Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan terkait nasib petani di Kabupaten Berau  kedepannya.

Dalam perbicangan tesebut, Ketua KTNA Berharap agar pemerintah dapat membantu memberi pencerahan terhadap kaum muda di Kabupaten Berau supaya kedepannya ada yang bisa menggantikan petani yang saat ini umurnya sudah mulai menua.

“Tadi saya berbincang sama ketua KTNA Berau, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan dan berharap agar generasi muda dapat meregenerasikan petani kaum tua agar ada yang melanjutkan dan termotiviasi dalam membangun ketahanan pangan di Kabupaten Berau, ” Tambahnya.

Selain itu, Melalui Rapat Paripurna di Kantor DPRD Berau bulan lalu, Pemerintah Kabupaten Berau  akan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya alam dan pertanian.

Falentinus Keo Meo selaku Anggota Komisi 2 Kabupaten Berau menanggapi hal tersebut agar pemerintah daerah bisa merealisasikan misi tersebut dan dapat mewujudkan transformasi dari sektor pertambangan ke penguatan kesektor pertanian dan perkebunan.

“Saya berharap pemerintah dalam rencana penguatan dari sektor pertambangan ke sektor pertanian yang tercantum di RPJMD tersebut bisa direalisasikan dilapangan dan jangan hanya tertulis diatas kertas saja,  ” Tegas  Falen.

Falen menambahkan, saat ini sektor unggulan di Kabupaten Berau yaitu sektor pertanian dan perkebunan. sehingga instansi yang terlibat termasuk Pemkab dan DPRD serta masyarakat harus bersinergi memberi pendidikan, seminar, loka karya terhadap petani khususnya petani milennial.

“Saat ini sektor unggulan kita adalah pertanian dan perkebunan, untuk itu,mari kita bersinergi untuk bersama-sama membangun dan membina petani khususnya petani muda agar tahun pertanian dan perkebunan adalah sektor yang menjanjikan, ” Pungkasnya.

 

 

 

Bagikan