Follow kami di google berita

MoU Pelaksanaan Duta Pariwisata Indonesia Tinggal Tandatangan, Tapi ..

A-News.id, Tanjung Redeb — Pada bulan November mendatang, Kabupaten Berau akan menghadapi event besar, yaitu pemilihan Duta Pariwisata Indonesia. SDM hingga Insfrastruktur harus segera dipersiapkan mengingat, agenda nasional ini akan mendatangkan orang dari 34 provinsi.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah mempersiapkan anggaran sebanyak Rp 500 juta, akan tetapi anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan agenda tersebut perlu Miliyaran.

Meskipun ada beberapa evaluasi, gambaran terkait pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2022 sudah terlihat nyata. Kedatangan dari yayasan ke Berau juga untuk memperkuat Memorandum of Understanding (MoU). Yang bilamana terdapat kekurangan dapat dicantumkan di dalam nota kesepahaman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau melalui Kepala Bidang Nilai Budaya dan Seni, Syahriani mengatakan hingga saat ini pihaknya belum memastikan agenda besar tersebut akan berjalan atau tidak, diketahui juga bahwa MoU saat ini tinggal menunggu persetujuan Bupati Berau, Sri Juniarsih. Usai dilakukannya pertemuan antara Pemkab dengan Yayasan baru baru ini.

“Bupati masih mempertimbangkan karena anggaran itu jauh dari rencana yang mau dilaksanakan,” jelasnya saat ditemui, Kamis (28/4/2022).

Kesanggupan anggaran sebetulnya bukan menjadi alasan, akan tetapi anggaran daerah yang cukup besar digunakan untuk kepetingan orang lain ditakutkan akan menjadi masalah dikemudian hari.

“Kita tidak berani, karena kita tidak boleh membiayai orang di luar daerah kita,  tidak boleh dalam ketentuan apabila kita tidak termasuk ke dalam panitia, sekarang penyusunan kepanitiaan kita tidak dilibatkan. Itu yang membuat Bupati masih mempertimbangkan,” ungkapnya.

“Didalam MoU awal di situ tidak menyebutkan sama sekali adanya keterkaitan pemerintah daerah jadi wakil bupati saat ini sebagai wakil bupati Berau atau pribadi, mangkanya sebelum ini dipelajari dulu, Bupati belum berani itu,” tukasnya.

“Mangkanya ini belum jelas, bisa tahun ini, atau jangan jangan tahun depan,” pungkasnya. (ry)

Bagikan

Subscribe to Our Channel