Follow kami di google berita

Memaknai 17 Agustus dan Politik

A-News.id, Tanjung Redeb — Ketua DPD Garda Pemuda Nasdem Kabupaten Berau, Desy Fitriansyah menjelaskan makna dari kemeriahan hari kemerdekaan.

Desy mengatakan kemeriahan 17 Agustus merupakan rangka perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang dirayakan setiap tahunnya. Tahun ini Indonesia sudah memasuki usia yang ke 78 tahun, tentunya ini merupakan usia yang sudah sangat tua.

Kali ini kemerdekaan HUT ke 78 RI bertepatan dengan kemeriahan momentum politik yang akan diselenggarakan tahun 2024 secara serentak. Terlihat dari semangat dan kemeriahannya hampir bersamaan.

“Kemeriahaan itu terlihat dari beberapa daerah dari tinggkatan RT hingga Kabupaten kerap kali melakukan hajatan berbagai hiburan rakyat salah satunya panjat pinang,” katanya.

Dirinya menafsirkan, dalam perlombaan panjat pinang ada sisi menarik yang bisa diambil, yakni korelasi antara panjat pinang dan hajatan politik yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang. Maknanya ialah para peserta panjat pinang adalah tim yang berjuang untuk mengangkat atau menghantarkan salah satu dari mereka untuk sampai kepucuk pohon pinang agar mendapatkan kemenangan.

“Kemenangan yang dimana mereka sama-sama berjuang,” tuturnya.

Hal ini juga terdapat dalam politik, para peserta pemilu tentunya memiliki tim yang solid untuk berjuang agar tercapainya tujuan yakni kemenangan.

“Pesan yang dapat kita ambil yaitu bagaimana peserta panjat pinang menghantarkan salah satu dari mereka untuk sampai pada pucuk pohon pinang tersebut hingga dapat merebut hadiah yang ada di atasnya,” tandas Desy. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel