Follow kami di google berita

Masyarakat Sanga-Sanga Harapkan Bangunan Bersejarah Dipelihara

A-News.id, Tanjung Redeb – Masyarakat Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, berharap bangunan bersejarah di wilayah tersebut dipelihara dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pemuda Panca Marga Sanga-Sanga, H Ilhamsyah, yang juga merupakan salah satu anak cucu veteran di Sanga-Sanga.

“Kami berharap bangunan bersejarah di Sanga-Sanga, seperti barak tentara atau perumahan milik Belanda, bisa dipelihara dengan baik. Jangan sampai dihilangkan atau diubah bentuk aslinya,” kata Ilham.

Ilham mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan tokoh masyarakat Haji Abidinsyah untuk membahas rencana pemeliharaan bangunan bersejarah tersebut. Haji Bidin mendukung rencana tersebut dan siap membantu.

“Kami masih menunggu waktu yang tepat untuk bertemu kembali dan membahas rencana pemeliharaan lebih lanjut,” kata Ilham.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Sanga-Sanga Haji Abidinsyah mengatakan, masyarakat Sanga-Sanga memiliki hak untuk menyaksikan bangunan bersejarah tersebut. Bangunan tersebut merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Sanga-Sanga pada zaman itu.

“Bangunan bersejarah itu harus dilestarikan. Jangan sampai dibiarkan rusak atau musnah,” kata Abidinsyah.

Haji Abidin juga meminta pihak terkait, seperti pihak ketiga atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara, untuk ikut berperan dalam pemeliharaan bangunan bersejarah tersebut.

“Bangunan bersejarah itu merupakan aset kita bersama. Kita harus bersama-sama menjaganya,” tandasnya.(*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel