Follow kami di google berita

Masyarakat Berau Bisa mengakses 20-an aplikasi kependudukan Tanpa Melalui Calo lagi, Download Disdukcapil Berau di Play Store Handpone anda Sekarang juga.

David Pamuji Kepala Disdukcapil Berau

ANEWS, Berau – Meski Berau di PPKM Darurat, namun pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Berau tetap berjalan untuk melayani keperluan warga masyarakat Kabupaten Berau terkait pengurusan KTP, KIA, Akte Kelahiran, KK maupun urusan lainnya yang berhubungan dengan kependudukan, baik secara langsung (tatap muka) dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat maupun melalui aplikasi-aplikasi yang telah disediakan Disdukcapil secara online (daring).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Berau, David Pamuji, S. STP, M.Si, Kamis, 29/7/2021 mengatakan bahwa semua jenis layanan Disdukcapil sekarang dapat diakses melalui akses aplikasi online dengan hp android, yang sudah disiapkan di Play Store, kecuali yang bermasalah dan tidak punya dokumen, misalnya karena hilang, rusak, tidak punya dokumen dan sebagainya.

“Jadi semua dokumen itu bisa diakses lewat aplikasi, dan bisa diprint oleh masing-masing orang di rumah, bisa di kantor, bisa di sekolah atau di tempat yang bisa ngeprint dokumen, kecuali untuk cetak KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak) harus di Kantor Dusdikcapil,” jelasnya.

Sementara untuk masyarakat yang berada di kecamatan pelosok yang jauh dari perkotaan, dimana tidak ada tempat jasa print dokumen untuk mencetak sendiri, untuk itu disdukcapil buat terobosan dengan bekerjasama dengan 100 kampung dan 13 kecamatan, dengan menunjuk di setiap kampung 2 orang duta-duta Capil sebagai petugas register online untuk membantu warga yang ingin mencetak dokumen kependudukannya.

Petugas register online yang ditunjuk dengan SK dan Surat Pernyataan itu diambil dari aparat kampung, yang siap melayani warganya selama 24 jam, bila diperlukan.

Layanan tersebut konsepnya untuk memudahkan masyarakat sehingga mereka tidak merasa susah, yang berefek salah satunya, mereka tidak ke calo, karena mereka merasa pelayanan itu mudah diakses lewat aplikasi, bahkan bisa dari rumah tanpa harus mereka datang ke kantor Disdukcapil.

Karena itu semua, lanjut David tidak terlepas dari kualitas pelayanan yang diberikan disdukcapil.

Kebanyakan masyarakat tadinya malas ke disdukcapil karena beranggapan berurusan di dusdikcapil itu rumit, mesti kesana, bayarnya mahal, dan tetek bengeknya ternyata banyak.

“Itu harus dihilangkan dengan cara bagaimana Capil bisa menghadirkan kemudahan itu, kalau bisa di rumahnya. Bukan mereka datang kesini polanya dirubah, yang harusnya masyarakat yang datang kesini, kita yang statis, sekarang kita yang pro aktif, kalau manualnya kita  jemput bola, Tapi ini kita hadirkan layanan itu ada di rumah mereka sehingga mereka merasa mudah, apalagi eranya sudah era digital HP segala macam,” ujarnya.

“Jadi kami milih itu bagaimana kalau HP ini bisa sampai di kantong masing-masing orang, gak bisa mamanya, anaknya, gak bisa anaknya, cucunya,” tambahnya.

Bukan kami tidak kesana, tambah David, tetapi media HP dianggap sudah tersebar dimana-mana, jadi mereka tidak perlu lagi datang ke dusdikcapil, dan mereka bisa lakukan lewat aplikasi yang disediakan tanpa mengganggu pekerjaan sehari-hari mereka, atau sambil tidur-tiduran bisa dilakukan.

Jadi bagi warga di kecamatan terdekat dengan ibukota kabupaten diharapkan sudah wajib mengurus dokumen kependudukannya secara online melalui aplikasi, lanjut David, sementara masyarakat yang tinggal di kecamatan jauh juga diharapkan sudah bisa mengakses aplikasi secara online, yang bisa difasilitasi dan dibantu oleh duta-duta capil yang ada di kampung.

Ditambahkan David, apalagi di tengah pandemi dan PPKM Darurat ini, dengan aplikasi lewat gadget atau HP bisa mengurangi masyarakat berkerumun di disdukcapil.

David berharap masuyarakat Berau sudah bisa memanfaatkan HP masing-masing untuk mengakses 20-an aplikasi kependudukan yang bisa diakses lewat HP juga bisa mengecek proses pengurusan, termasuk mengeprint dan sebagainya dengan mudah dan transparan. (gil)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel