MASIH KURANG KESADARAN WARGA DAN PEDAGANG PASAR LAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN

ANEWS, Berau – Penyebaran pasien terkomfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Berau terus meningkat tajam dari waktu ke waktu dalam beberapa bulan terakhir, baik dari klaster perjalanan cuti karyawan perusahaan maupun warga masyarakat sendiri.

Ditengarai bahwa lemahnya kesadaran dari sebagian individu warga masyarakat itu  karena belum menyadari dampak penyebaran covid yang bisa sangat membahayakan bila ditularkan secara berantai dan masif, jika kita tidak disiplin melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan, seperti yang tertangkap kamera ANews, Minggu 3/1 saat melintas di keramaian Pasar Adji Dilayas, Berau.

Masih terlihat suasana di Pasar, baik pengunjung dan pedagang hampir semua tidak mengenakan masker saat beraktivitas melayani pembeli, atau berinteraksi sesama mereka.

Ada kesan, para pedagang maupun pembeli, seolah memandang persoalan protokol kesehatan pencegahan covid-19 ini, masalah sepele yang tidak begitu berpengaruh kepada aktivas kegiatan mereka

Tidak mengerti, kenapa belum juga terbangun kesadaran yang mendasar tentang bahaya penularan wabah covid-19 ini bagi sebagian warga, padahal sosialisasi, kampanye, himbauan, bahkan Tindakan Razia bagi yang tidak melaksanakan protokol kesehatan sudah sedemikian luas, bahkan daftar pasien positif civid-19 yang dirilis dinas kesehatan, hampir setiap hari puluhan sampai ratusan dari berbagai klaster yang menambah daftar Panjang pasien positif covid-19, maupun meninggal.

Tenaga Kesehatan (nakes) dan rumah sakit pun sudah kewalahan karena penuh sesak pasien yang di-isolasi maupun dirawat inap, sampai hotel pun dibuka kembali untuk tambahan sarana menampung, merawat dan meng-isolasi pasien positif covid.

Korban yang sudah meninggal akibat covid-19 pun terus bertambah jumlahnya, meskipun banyak juga yang sembuh, namun kelihatannya belum juga mampu membangunkan kesadaran yang menyeluruh warga masyarakat di Kabupaten Berau, untuk bersama-sama memutus mata rantai penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Berau.(nov/jul)

Bagikan