Follow kami di google berita

Lestarikan Pesta Meja Panjang Kampung Merasa sebagai Wisata Budaya

A-News.id, Tanjung Redeb – Lestarikan adat kebudayaan, Kampung Merasa adakan acara Pesta Budaya Meja Panjang di Lapangan Bola Voli Kampung Merasa, Kamis (28/12/2023).

Pesta Budaya Meja Panjang merupakan sebuah tradisi yang sarat akan makna. Seluruh masyarakat kampung menyajikan makanan di atas meja yang memanjang. Kemudian, setiap warga saling berkunjung ke meja masing- masing untuk berkumpul dan makan bersama. Tujuannya adalah untuk mempererat jalinan persaudaraan, baik antar Suku Dayak, maupun etnis dan suku lain yang bermukim di Kampung Merasa.

Tidak hanya itu, acara ini juga menyajikan beberapa pertunjukan seperti tarian tradisional khas Dayak, pertunjukan menyumpit dan berburu, alunan music sapeq, lomba kesenian tradisional, parade pakaian adat Dayak, hingga festival kuliner dan jajanan tradisional.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat menjadi ajang pelestarian tradisi budaya sekaligus meningkatkan potensi wisata Kabupaten Berau.

“Saya mengajak meriahkan dan semarakkan ajang kebudayaan ini. Kita sadari bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk mempertahankan tradisi dan budaya dayak, tetapi juga menyimpan nilai-nilai luhur, seperti semangat kebersamaan, gotong royong, dan toleransi yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, Sri Juniarsih juga mendorong segenap pihak terkait untuk dapat memaksimalkan seluruh potensi Kampung Merasa dalam bidang pariwisata, baik dari sisi pesona alam, kebudayaan, hingga cokelat yang sudah dikenal luas di Indonesia, bahkan mancanegara.

“Untuk itu, saya mendorong seluruh perangkat terkait, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pokdarwis, perangkat kampung, dan kecamatan, untuk senantiasa melakukan upaya pelestarian kebudayaan asli daerah dengan kegiatan- kegiatan inovatif dan pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap bahwa destinasi wisata Berau, tidak hanya berorientasi pada wisata alam bahari atau kekayaan alam bawah laut semata, tetapi juga wisata kebudayaannya seperti halnya Pesta Budaya Meja Panjang Kampung Merasa.

“Hal ini kiranya menjadi motivasi kita, terlebih saat ini Kampung Merasa sudah berstatus Kampung Maju, yang mudah-mudahan ke depan bisa kita tingkatkan menjadi Kampung Mandiri dan berprestasi, yang juga menginspirasi kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten Berau,” harapnya. (jo)

Bagikan

Subscribe to Our Channel