Follow kami di google berita

Lahirkan Pemimpin Kampung Ideal, 173 Cakakam Ikuti Deklarasi Damai

A-News.id, Tanjung Redeb — Deklarasi damai calon kepala kampung pada pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak se Kabupaten Berau tahun 2023bberlangsung khidmat. Kegiatan ini digelar di Gedung RPJPD Bapelitbang Berau, Selasa (17/10/2023).

Acara yang dihadiri oleh sekitar 200 orang ini menjadi momentum penting bagi Kabupaten Berau, karena melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk Bupati Berau, Sri Juniarsih, jajaran Forkopimda, serta pejabat daerah lainnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih dalam sambutannya memberikan sarat makna dan harapan. Ia menyampaikan selamat kepada 173 calon kepala kampung yang telah ditetapkan oleh Panitia Pilkakam. Bupati Berau mempercayai bahwa mereka adalah putra dan putri terbaik dari kampung masing-masing.

Pilkakam merupakan proses demokrasi langsung di tingkat kampung, dilaksanakan secara periodik setiap 6 tahun. Tahun 2023, Pilkakam Serentak akan melibatkan 53 kampung dari 12 kecamatan. Bupati Berau sangat berharap semua tahapan, mulai dari pencalonan, kampanye, hingga pencoblosan, akan berlangsung dengan aman, lancar, dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

“Seperti asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil,” bebernya.

Bupati Berau juga memberikan peringatan khusus kepada para Kepala Kampung yang mencalonkan kembali, anggota BPK, perangkat kampung, PNS, P3K, Pejuang Sigap Sejahtera, serta calon lainnya yang memiliki keterkaitan dengan lembaga kampung. Mereka diminta untuk tidak melibatkan lembaga kampung untuk kepentingan pencalonan termasuk suap dan politik uang karena hal tersebut dilarang keras.

Selain itu, Bupati Berau mendorong peran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk melakukan pembinaan dan monitoring selama proses Pilkakam. Hal ini terutama berkaitan dengan penegakan hukum dan menciptakan suasana yang aman dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Berau juga mengingatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) selaku penyelenggara untuk terus melakukan langkah-langkah terpadu guna menjadikan Pilkakam 2023 sukses. Ia berharap Pilkakam akan melahirkan pemimpin yang ideal bagi masyarakat kampung.

“Bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Berau dapat bersatu padu dalam memajukan kampung-kampung mereka,” ungkap Sri.

Acara ini berakhir dengan tanda tangan fakta integritas bersam menandai dimulainya perjalanan menuju Pilkakam Serentak Tahun 2023 yang diharapkan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Berau. (Adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel