Follow kami di google berita

Komisi I DPRD Kaltim Ingatkan Potensi Kerawanan Selama Pemilu 2024

Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. (Dok DPRD Kaltim)
Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. (Dok DPRD Kaltim)

Anews.id, Samarinda – Jahidin, selaku Anggota Komisi I DPRD Kaltim mengimbau kepada seluruh pihak masyarakat untuk saling membantu dalam upaya menekan kerawanan yang timbul akibat pelaksanaan Pemilu 2024 di Kaltim.

“Kita harus bersama-sama menjaga kondusivitas dan stabilitas politik di Kaltim, terutama menjelang Pemilu 2024 yang akan menjadi momentum penting bagi demokrasi,” ujar Jahidin.

Jahidin berpendapat, ada sejumlah faktor yang dapat memicu terjadinya kerawanan Pemilu 2024 di Kaltim. Salah satunya adalah desas-desus yang berkenaan dengan SARA, hoax, money politics, dan dinamika politik lokal.

“Kita harus waspada terhadap isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, seperti SARA, hoax, dan ujaran kebencian. Kita juga harus menolak praktik money politics yang dapat merusak kualitas demokrasi dan mengorbankan hak-hak rakyat,” ungkapnya.

Disampaikan olehnya, dinamika politik lokal pun dapat mengaibatkan gesekan dan konflik antara para pendukung pasangan calon yang akan bertarung di ajang Pemilu 2024, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Kita harus mengedepankan sikap toleran dan saling menghormati dalam berpolitik. Kita harus menghargai pilihan dan hak suara masing-masing, serta menghindari tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang lain atau mengganggu ketertiban umum,” tutur Jahidin.

Ia berharap agar semua pihak masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya menciptakan suasana Pemilu 2024 yang damai, aman, dan menjunjung demokrasi di Kaltim.

Jahidin meminta kepada masyarakat Kaltim mesti menjadikan Pemilu 2024 bukan sebagai ajang yang salinng menjatuhkan dan menimbulkan perpecahan, tetapi sebagai ajang dalam menentukan pilihan terhadap pemimpin terbaik bagi bangsa dan daerah.

“Kita harus menjaga persaudaraan dan kebersamaan sebagai warga negara Indonesia,” ujarnya.

Di samping itu, Jahidin yang merupakan politisi PKB tersebut mengimbau kepada Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto untuk mengawasi serangkaian proses Pemilu 2024 sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman, dan menjunjung demokrasi.

Ia menyatakan bahwa peranan penting Kapolda Kaltim dalam menjamin kondisi keamanan dan ketertiban selama serangkaian proses Pemilu 2024 berjalan, dimulai dari masa kampanye, pemungutan suara, sampai dengan perhitungan suara.

“Kami berharap Kapolda Kaltim bisa bersinergi dengan semua pihak, terutama KPU, Bawaslu, dan parpol, untuk menciptakan suasana Pemilu yang kondusif dan berintegritas,” tutupnya. (adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel