Follow kami di google berita

Kesbangpol Berau Ajak Ormas dan LSM Wujudkan Pemilu Berkualitas

A-News.id, Tanjung Redeb – Dua tahun menjelang pemilu 2024 pergerakan organisasi masyarakat terpantau mulai bermunculan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Berau.

“Untuk sementara pergerakan ormas masih biasa-biasa saja,” ungkap Kasubid Ormas Kesbangpol Berau Nophan Ariyadi, Selasa (4/10/2022).

Terpantau pula beberapa ormas yang sudah tercatat non aktif kini sudah mulai mendaftarkan diri kembali. Bahkan, diakui Nophan beberapa ormas kedaerahan juga sudah ada yang masuk ke Berau membuka cabang.

“Ya walaupun belum terlalu banyak (ormas bermunculan) tapi sudah mulai ada pergerakanlah,” ungkapnya.

Berkaitan dengan pergerakan yang dilakukan, Kasubid Ormas Kesbangpol Berau itu menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan sejumlah ormas kegiatan hanya berupa kegiatan-kegiatan bakti sosial dan berpartisipasi dalam kegiatan kampung hingga pemerintah daerah.

“Sejauh ini untuk ormas yang melakukan dukungan kepada salah satu parpol ini kita pantau belum ada, itu juga kita tekankan untuk tidak dilaksanakan,” harapnya.

“Ormas kita harapkan tetap independen karena kalau ada temuan-temuan itu berarti masukan kepada kami dan akan kami lakukan tindakan selanjutnya kepada ormas tersebut,” tegasnya.

Dengan demikian, Nophan berharap semakin dekatnya pesta demokrasi para ormas sebagaimana fungsinya bisa mampu menciptakan ketertiban dan menghindari adanya gesekan-gesekan di lingkup masyarakat.

“Itu juga kita imbau ke mereka (ormas) agar menekankan keamanan, kebersamaan dan ketertiban,” katanya.

Melihat pantauan pergerakan ormas tersebut, Kesbangpol juga mulai aktif melaksanaan pendataan hingga penerbitan surat keterangan terdaftar (SKT).

Jemput bola tersebut tak hanya lingkup kota, melainkan menyeluruh dari kecamatan hingga tingkat kampung. Sementara terkait pendataan dimaksudkan untuk mencari tahu keberadaan sekretariat pusat ataupun anak cabang dari ormas.

“Beberapa ormas ada yang sudah kita imbau agar menyusun SKT terus melaporkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu untuk sementara yang kita lakukan,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel