Kelurahan Teluk Bayur Wakili Berau Jalankan Program Aku Hatinya PKK

A-News.id, Teluk Bayur – Enam kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur masuk nominasi ikuti lomba amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah nyaman oleh kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau disingkat Aku Hatinya PKK.

Dalam kategori kota diikuti oleh Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang sedang dalam kategori kabupaten meliputi tim penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur dan Berau.

Untuk di Kabupaten Berau ada 3 rukun keluarga (RT) di Teluk Bayur yang menjadi percontohan mewakili Kabupaten Berau menjalankan program Aku Hatinya PKK. Yakni RT. 8, 11 dan 25 yang berada di Jalan Gunung Mas dan Kampung Baru, Kecamatan Teluk Bayur.

Ketua TP-PKK Kelurahan Teluk Bayur Hamliyah menyatakan, pada pelaksanaannya ada berbagai persiapan yang ia lakukan bersama dengan tim. Diantaranya melihat RT mana saja yang berada di sekitar Kelurahan Teluk Bayur yang berpotensi menjalani program tersebut.

Diawali dari memanggil semua ketua RT beserta istri kemudian peninjauan ke lapangan selanjutnya dari 12 RT yang ada di Kelurahan Teluk Bayur terpilih 5 RT yang masuk dalam kategori. Dari jumlah tersebut mengerucut kembali menjadi 3 RT yang pada akhirnya ditinjau oleh tim verifikasi dari Provinsi Kaltim.

“Yang mana sebelum adanya lomba ini kami mempersiapkan dari segi penataan, maupun tanaman-tanaman yang mesti kita tanam di pekarangan rumah seperti sayuran dan tanaman obat keluarga atau toga,” katanya di sela-sela mendampingi tim verifikasi, Jumat (11/11/2022).

Menurut ibu lurah itu, dari pelaksanaan perlombaan tersebut diharapkan dapat menjadi semangat bagi warga untuk lebih giat menjaga keasrian halaman rumah dengan berbagai jenis tanaman dan sayuran, selain bisa dijual, juga bermanfaat bagi orang sekitar tempat tinggal karena bisa dimanfaatkan bersama-sama.

“Dengan hasil pekarangan itu tentu saja bisa mereka manfaatkan mau itu untuk konsumsi sendiri atau dijadikan penghasilan dengan dijual ke pasar,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Pokja 3, Provinsi Kaltim, Erni Desiani mengatakan, beberapa kriteria yang menjadi penilaian oleh tim verifikasi lapangan seperti kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan halaman pekarangan rumah, hamparan tanaman yang ada di lingkungan baik secara kelompok maupun perorangan meliputi pembudidayaan toga, sayuran, buah-buahan tanaman keras hingga perikanan dan peternakan.

“Alhamdulillah kita lihat khusus di RT. 8 Teluk Bayur kita mendapati itu lengkap semua karen didukung juga dengan halaman yang luas sehingga sangat dimanfaatkan sekali oleh ibu-ibu PKK yang ada disini,” katanya.

“Dari hasil penilaian ini nanti kita bawa lagi ke provinsi, nanti akan ditentukan juara 1,2 dan 3 baik itu kategori tingkat kota maupun kabupaten,” tutupnya. (mik)

Bagikan