Follow kami di google berita

Kelola DBH-DR dengan Bijak, Susun Rencana Sesuai Potensi

A-News.id, Tanjung Redeb – Kabupaten Berau merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang cukup besar. Besarnya sumber daya alam tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan bagi Kabupaten Berau, jika dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satu caranya dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil – Dana Reboisasi (DBH – DR) dengan tepat sasaran.

“Berau ini memiliki sumber daya alam yang cukup besar, tinggal dikelola dengan baik” kata Ilyas Nasir, Plt Asisten II Pembangunan dan Perekonomian Setkab Berau, saat membuka Workshop Pendampingan Kampung terkait Penggunaan, Monitoring dan Evaluasi DBH-DR di Ballroom Exclusive Hotel, Rabu (23/11/2023).

Ilyas menjelaskan bahwa DBH – DR merupakan dana yang disalurkan dari provinsi ke daerah penghasil sumber daya alam. Sedangkan daerah yang tidak memiliki potensi penghasil sumber daya alam, tidak memperolehnya. Tujuan diadakannya DBH – DR adalah untuk membiayai kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), dan perlindungan serta keamanan hutan.

Dikatakannya, rehabilitasi hutan adalah sesuatu yang penting. Sebab kehadiran hutan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah ketersediaannya air di lingkungan masyarakat.

“Misalnya di pesisir ada yang namanya Kiap, Tembudan, Labuan Cermin, itu semua tidak akan ada airnya jika hutannya dibabat. Oleh karena itu kita harus mempertahankan, mengelola, merehabilitasi, melestarikan hutan kita. Kalo tidak kita pasti akan kekurangan air,” tegasnya.

Ilyas juga menegaskan bahwa tujuan lain yang tidak kalah penting dari diadakannya DBH – DR ini adalah untuk memberdayakan masyarakat. Dengan dana tersebut, masyarakat tidak mudah tergoda untuk merusak hutan. Sebaliknya masyarakat tentu akan merawat dan menjaga hutan.

“Kita tidak bisa menanam kayu. Tetapi kita bisa memberdayakan masyarakat,” ujarnya.

Iliyas mengajak semua pihak terkait untuk memanfaatkan dana yang ada dengan sebaik-baiknya. Hal ini dilakukan demi kebaikan bersama.

“Bikin rencana sesuai dengan potensi yang ada di daerah. Supaya dana ini sungguh dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kalau sudah bermanfaat, tentu kita akan memperoleh ketenangan,” imbuhnya. (ADV/jo/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel