Follow kami di google berita

Kasus DBD di Kelay Meningkat, Puskesmas Diminta Waspada

A-News.id, Tanjung Redeb — Kasus demam dengue (DBD) berdarah di Berau mengalami peningkatan jumlah. Terutama di kecamatan Kelay.

Hal itu diterangkan Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi. Menurutnya, peralihan musim dari kemarau ke penghujan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tingginya angka demam berdarah di Berau.

“Beberapa waktu lalu ada kenaikan terutama di Kecamatan Kelay,” ujarnya.


Iswahyudi menyebut, saat ini tengah melakukan rekapitulasi angka kasus demam berdarah di Berau. Sehingga, belum bisa menyajikan data pastinya.

“Masih kami rekap,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya memerintahkan semua puskesmas yang ada di Berau untuk memonitor angka kenaikan kasus demam berdarah.

“Saya sudah arahkan ke puskesmas agar itu jadi perhatian,” bebernya.

Demam berdarah disebabkan oleh salah satu dari empat jenis virus dengue. Seseorang tidak bisa terkena penyakit ini karena berada di sekitar orang yang terinfeksi sebab penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk. Dua nyamuk yang bisa menularkan virus ini adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Dua jenis nyamuk yang paling sering menyebarkan virus dengue ini umum ditemukan baik di dalam maupun di sekitar pemukiman.

Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, virus tersebut masuk ke dalam nyamuk.

“Kemudian, ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit orang lain, virus memasuki aliran darah orang itu dan menyebabkan infeksi,” jelasnya.

Setelah seseorang sembuh dari penyakit ini, ia akan memiliki kekebalan jangka panjang terhadap jenis virus yang menginfeksinya, tetapi tidak terhadap tiga jenis virus demam berdarah lainnya.

“Ini berarti kamu bisa dapat terinfeksi lagi di masa depan oleh salah satu dari tiga jenis virus lainnya. Risiko kamu terkena penyakit ini dengan tingkat yang parah akan meningkat jika kamu terkena demam berdarah untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya,” tegasnya.

Banyak orang tidak mengalami tanda atau gejala infeksi demam berdarah dengue. Ketika gejala benar-benar terjadi, mereka disalah artikan sebagai penyakit lain, seperti flu. Biasanya gejala akan muncul mulai empat hingga 10 hari setelah kamu digigit nyamuk.

“Penyakit ini bisa menyebabkan demam tinggi hingga 40 derajat Celsius,” pungkasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel