Follow kami di google berita

Kantor Kesehatan Pelabuhan Perketat Arus Penumpang Keluar Masuk Berau di PPKM Darurat

Kantor Kesehatan Pelabuhan

ANEWS, Berau – Sedari dulu saat mulai merebak kasus Covid-19 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan Wilker Berau, Muhammad Husain pada Jum’at 16/7/2021, menjelaskan sudah memperketat keluar masuknya penumpang dari luar menuju Berau, terutama pada jalur penerbangan dikarenakan penumpang tersebut dari luar kota.

Pada tanggal 5/7/2021 kemarin saat keluarnya surat edaran mengenai PPKM Darurat, pihak KKP Wilker Berau langsung melaksanakan pengetatan pemeriksaan penumpang yang akan keluar Berau menuju wilayah Jawa dan Bali. Para penumpang menuju wilayah tersebut berkewajiban memiliki surat sudah Vaksin dan PCR sesuai regulasinya saat ini.

“Untuk Penumpang bandara yang datang dari luar berau yang berasal dari wilayah Jawa dan Bali, Pihak KKP hanya akan mengecek Hasil Screening dari para penumpang saja, dikarenakan para penumpang sudah pasti akan dimintai kelengkapan kartu vaksin dan PCRnya di bandara tempat awal keberangkatan penumpang tersebut,” tukasnya.

Jadi KKP hanya akan tinggal mengecek hasil screening-nya saja, Begitu pula sebaliknya seperti yang dilakukan KKP di bandara keberangkatan Berau yang melakukan pemberlakuan kewajiban untuk penumpang yang akan keluar Berau harus memiliki kelengkapan Kartu/Sertifikat Vaksin dan PCR.

SOP seperti cek suhu badan dan sebagainya tidak lupa selalu diperketat KKP di Bandara Berau untuk penumpang yang akan keluar dan masuk Berau. Sehingga temuan penumpang yang postitif terjangkit virus covid-19 ini bisa diminimalisir.

Akibat persyaratan yang diberlakukan ini, lanjut Husain, penerbangan keluar Berau jauh berkurang, karena masalah masih banyaknya warga yang belum di vaksin yang menjadi persyaratan yang memberatkan penumpang ketika ingin keluar Berau.

Dan untuk jalur air, sebelum awak kapal berinteraksi dengan pihak syahbandar ini, pemerintah sendiri selain dokumen juga mempersyaratkan yang akan melakukan bongkar muat barang seperti kapal-kapal dari Jawa dan Bali diwajibkan untuk swab antigen.

Muhammad Husain

“Dari kapal bongkar muat maupun kapal-kapal kontainer semua awaknya diwajibkan untuk swab antigen,dan selama aturan PPKM Darurat ini berlangsung maka peraturan tersebut akan berjalan,” ujar Husain.

Husain menghimbau warga Berau untuk menahan atau menunda dulu aktifitasnya untuk bepergian keluar Berau sementara waktu ini, untuk meminimalisir penyebaran Virus Covid-19 yang lagi naik-naiknya ini.

“Memperketat peraturan ini saja kasus postif masih bisa bertambah, bagaimana jika kita tidak memperketat peraturan keluar masuk Berau,” pungkasnya. (yud)

Bagikan

Subscribe to Our Channel