Follow kami di google berita

Kampung Sukan Akan Jadi Sentra Tenun-Batik Terbesar Di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb – Minggu kemarin, Kabupaten Berau sukses meraih juara motif Kaltim terbaik dalam ajang lomba Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Award tahun 2021.

Bukti nyata bahwa Kabupaten Berau mampu memberikan dampak positif bagi pengerajin batik dan tenun agar lebih meningkatkan skill dan kreatifitasnya, karena kedepannya khususnya Kampung Sukan akan dibangun Sentra Batik dan Tenun.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Berau (Diskoperindag), Salim mengatakan bahwa pemerintah pusat telah menyuntikkan dana sekitar 8 Miliyar untuk pengembangan Sentra Industri Tenun dan Batik di Kabupaten Berau tepatnya di Kampung Sukan.

“Usulan kita awalnya itu 11 miliyar, cuma yang turun 7,8 miliyar, beberapa hari ini ada perubahan penambahan jadi sekitar 8 Miliyar lebih,” jelas Salim.

Sebelumnya Pemkab Berau sudah mendirikan sentra industri tenun di Kampung Mera’ang, Kecamatan Teluk Bayur dan sudah beroperasi.

Alasan Pemkab Berau  membangun sentra industri tenun di Kampung Sukan dengan dasar potensi masyarakat di sana cukup baik untuk dikembangkan.

“Di Sukan ini ada beberapa warga itu pengerajin tenun yang mereka ini adalah transmigrasi dari NTT, mereka inilah yang memulai cikal bakalnya industri tenun,” kata Salim.

“Nanti untuk tenun manual itu ada di kampung Mera’ang menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) nah untuk yang di Sukan sudah menggunakan mesin, jadi proses dan produksinya lebih cepat,” kata Salim lagi.

Untuk pembanguan sentra tenun tersebut sudah dalam tahap pematangan lahan yang digarap dari dana APBD Kabupaten Berau dan selanjutnya pembangunan dan fasilitasnya tersebut dari dana bantuan pemerintah pusat.

“Cuman nanti pesan pimpinan motifnya harus tetap motif berau, untuk pemasaran sendiri itu nanti akan dijadikan icon atau oleh-oleh souvenir wisatawan,” jelas Salim.

Setelah pembangunan sentra tenun di Kampung Sukan sudah terealisasi, Salim berharap kabupaten Berau sudah dapat mengangkat UMKM agar bisa lebih eksis di sektor pengembangan industri batik dan tenun atau dapat menjadi icon utama Kabupaten Berau kedepannya untuk para wisatawan yang akan berkunjung. (redaksi A-News)

 

 

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel