Follow kami di google berita

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Serahkan Zakat di Baznas

(Foto: Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberikan Zakat/Ist)
(Foto: Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberikan Zakat/Ist)

Anews.id, Samarinda – Guna melakukan kewajiban di Idul Fitri, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kaltim. Rabu (5/4/2023).

Penyerahan zakat yang dilakukan Isran Noor dan Hadi Mulyadi tersebut dilaksanakan di aula Bebaya Kantor Gubernur. Tak hanya itu, beberapa pejabat daerah, instansi vertikal, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan perusahaan juga terut memberikan zakat.

“Zakat itu sebuah kewajiban, tidak bisa diapa-apain dari pada dipaksa lebih bagus kesadaran sendiri,” Ungkap Isran Noor dalam sambutannya.

Selain itu, Isran Noor menilai bahwa berzakat adalah hak pribadi dan mutlak pribadi, tapi bisa diorganize melaui kelembagaan yang dimana berada.

Untuk itu, orang nomor satu di Benua Etam itu menghimbau agar membayar zakat melalui BAZNAS dan masyarakat harus mengeluarkan zakatnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kaltim H Ahmad Nabhan mengatakan Pengumpulan dana zakat infaq dan shodaqoh sebesar Rp 8,7 miliar di tahun 2022. Ada peningkatan Rp 1,9 miliar dibandingkan dengan penerimaan tahun 2021 yang hanya Rp 6,8 miliar.

“Mudah-mudahan di tahun 2023 ini meningkat dibandingkan tahun 2022, karena target yang diberikan oleh pusat mencapai Rp 16 miliar,”pintanya.

Target yang diberikan pusat ini sebut Nahban sangat tinggi namun jika masyarakat muslim dan beberapa perusahaan membayar zakatnya ke BAZNAS Provinsi maka target yang ditentukan bisa dipenuhi.

“Kami sangat berharap kepada kaum muslimin khususnya Pegawai Negeri Sipil hendaknya menyalurkan zakatnya kepada BAZNAS Kaltim,” Pungkasnya. (Adv/Kominfo Kaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel