Follow kami di google berita

Jadi Syarat Administratif, Bacaleg Berau Bakal Jalani Tes Kesehatan dan Kejiwaan di RSUD dr Abdul Rivai

A-News.id, Tanjung Redeb – Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Berau beberapa telah melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Tanjung Redeb. Tes kesehatan dan kejiwaan ini menjadi salah satu syarat administratif untuk berlenggang mengikuti kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Direktur RSUD dr Abdul Rivai, Jusram mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu meliputi jasmani dan kejiwaan. Pemeriksaan yang dilakukan sesuai dengan persyaratan dari KPU.

“Kesehatan fisik dan kejiwaan. Kesehetan fisik dinilai dari pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan penunjangnya. Sementara pemeriksaan rohani melalui pemeriksaan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI),” ujarnya.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Poli Psikiatri RSUD dengan melibatkan dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater dan tenaga psikolog.

“Tes MMPI ini menggambarkan kondisi kejiwaan seseorang. Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian (rohani),” ungkapnya.

Dijelaskannya, proses pemeriksaannya dilaksanakan dengan cepat. Dan ditargetkan pemeriksaan itu bisa selesai dalam kurun waktu satu minggu.

“Pada intinya, itu sesuai data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), tapi harapan kami itu bisa rampung selama 7 hari” ucapnya.

Kendati demikian, Jusram menyebut bahwa dirinya belum mendapat data berapa jumlah pasti Bacaleg yang telah melaksanakan tes tersebut.

“Untuk jumlah pastinya, kami belum mendapat laporan. Jadi kami belum bisa menyebut berapa banyak yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan di rumah sakit,” tandasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel