Follow kami di google berita

IPA Bengkuring 2 Diresmikan, Pasokan Air Dapat Beroperasi 24 Jam

Anews.id, Samarinda – Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bengkuring 2 akhirnya diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim). Pada hari Senin (30/5/2022).

Wali Kota Samarinda, Andi Harun yang turut hadir pada peresmian menyebut mengatakan bahwa dengan adanya IPA Bengkuring 2 tersebut, bisa menyuplai air bersih ke daerah Samarinda Utara.

“Beroperasinya IPA Bengkuring, kami berharap cakupan pelayanan air bersih di Samarinda makin berkategori mantap,” ujarnya usai peresmian.

Andi Harun sangat senang dengan beroperasinya IPA Bengkuring 2, karena kebutuhan air bersih yang sebelumnya hanya mampu menyuplai kebutuhan air bersih bergilir kini dapat beroperasi 24 jam.

“IPA Bengkuring 2 akan beroperasi 24 jam, sehingga sangat membantu masyarakat,” ucapnya.

Meskipun telah diresmikan, orang nomor satu di Kota Samarinda membeberkan bahwa IPA Bengkuring 2 tersebut seharusnya sudah lama beroperasi. Usut punya usut, kata wali kota, pembangunan IPA Bengkuring 2 terkoneksi dengan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Kalau misalnya tidak bisa, kami akan masuk sendiri. Tapi Alhamdulillah provinsi bisa, dan hari ini kami minta pak Gubernur Kaltim (Isran Noor,red) untuk meresmikan,” ungkapnya.

Politisi Gerinda ini pun menambahkan, setelah adanya IPA Gunung Lingai, Sungai Kapih, dan Bengkuring 2. Pemkot Samarinda berencana akan mengoperasikan IPA Cendana 4 pada tahun depan.

“Mudah-mudahan pada tahun depan sudah bisa 100 persen penyaluran air bersih di Kota Samarinda,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Teknik Perumdam Tirta Kencana Samarinda, Ali Rachman menyebut IPA Bengkuring 2 memiliki kapasitas 60 liter/detik, namun masih dijalankan 45 liter/detik.

“Tentunya hal tersebut masih belum maksimal, karena masih menunggu pompa intake. Begitu bulan depan sudah datang. Mungkin sudah kami maksimalkan sesuai dengan yang ada. Dan yang selama ini bergilir di Samarinda Utara, insyaAllah tidak lagi,” pugkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel