Follow kami di google berita

Hibah Anggaran untuk DBON Capai Miliaran Rupiah, Sigit Wibowo Minta Pemprov Evaluasi

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo. (Dok DPRD Kaltim)
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo. (Dok DPRD Kaltim)

Anews.id, Samarinda – Sorotan datang dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim. Alasannya, karena terdapat informasi yang menyatakan bahwa DBON mengantongi anggaran dana dari hibah Pemprov Kaltim yang nilainya mencapai angka Rp 31 miliar. Sigit Wibowo, selaku Wakil Ketua DPRD Kaltim mengimbau dengan segera dilakukannya evaluasi terkait hal tersebut.

“Memang ada informasi kalau DBON itu, anggarannya sekarang ya angkanya cukup fantastis. Ini jadi tugas Pj Gubernur untuk mengevaluasi kembali,” jelasnya.

Sigit memaparkan, harus dipastikan apakah tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DBON Kaltim pun telah sesuai jika nantinya telah hadir evaluasi oleh Pj Gubernur Kaltim. Atau malah ranah tupoksi tersebut dikembalikan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim atau Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim.

“Kan ada DBON, KONI, Dispora, artinya sesuai dengan tupoksi masing-masing. Oleh sebab itu DBON juga harus dicari tahu apakah sesuai dengan tupoksi atau kembalikan ranahnya ke Dispora atau KONI,” lanjutnya.

Walaupun demikian, dari anggaran dana sebanyak itu, pihaknya pun belum dapat menilai perkembangan prestasi olahraga di Kaltim. DBON Kaltim pun masih termasuk baru meski hibah dari Pemprov Kaltim mencapai nilai Rp 31 miliar.

“Saya sih tidak bisa langsung menilai dianggarkan sekarang, lalu ada prestasi olahraga kita. Ini kan baruz jadi tidak bisa dinilai saat ini juga,” ungkap Sigit.

Ia mendapati informasi, DBON Kaltim adalah lembaga yang akan memberikan kebijakan dan aturan. Tetapi pun ada yang masuk ke ranah teknis. Terkait hal tersebut, ia memberikan saran agar ada pembahasan lebih mendalam.

“Jadi harus ada pembahasan lebih lanjut ini. Jadi tugas pemerintah,” pungkasnya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel