Follow kami di google berita

INSA Jaya Gelar Pelatihan IMDG Code

A-News.id, Jakarta — DPC INSA Jaya bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi  Profesi (BNSP), LSP Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut dan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menggelar Pelatihan IMDG Code , selama 6 hari di mulai Senin tanggal 6 Nopember 2023 sampai dengan Jumat tanggal 10 Nopember 2023, bertempat di Kantor INSA Jaya,  Jakarta Utara, hari ini, Senin (6/11/2023).

Kegiatan pelatihan tersebut resmi dibuka langsung Kabid Penjagaan dan Keselamatan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok Capt Josua Antonio mewakili Direktur KPLP Perhubungan Laut Jon Kenedi

Capt Josua dalam sambutannya menyampaikan Pendidikan dan Latihan IMDG Code ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam penanganan dan pengangkutan barang berbahaya, untuk pemenuhan SDM yang diamanahkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor.16 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penanganan dan Pengangkutan Barang Berbahaya di Pelabuhan dan Permenhub Nomor.6 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penanganan dan Pengangkutan Barang Padat di Pelabuhan.

“Sebagaimana kita ketahui, pengangkutan barang berbahaya memiliki resiko yang cukup tinggi, sehingga diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai untuk mengurangi resiko tersebut. Oleh karena itu, pemahaman untuk mendalami tentang IMDG Code adalah kunci keselamatan, keamanan dan keberlanjutan dalam penanganan dan pengangkutan barang berbahaya,” jelasnya.

Melalui Diklat ini, lanjut Capt.Josua pemerintah (Hubla) berharap para peserta nantinya dapat memahami dan mengimplementasikan ketentuan – ketentuan yang terdapat dalam IMDG Code.

“Selain itu, Diklat ini diharapkan juga dapat terjalin kerjasama dan sharing knowledge antara peserta Diklat dalam menghadapi tantangan dalam penanganan dan pengangkutan barang berbahaya di pelabuhan,” pungkasnya.

Ketua INSA Jaya Capt. Alimuddin pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan pelatihan IMDG Code yang dilaksanakan oleh DPC INSA Jaya adalah untuk yang pertama kali. “Semoga dengan penyelenggaraan Diklat ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada peserta, Diklat,” katanya.

Sementara Sekretaris INSA Jaya Muh Erwin mengatakan pelaksanaan kegiatan Diklat memberikan solusi perihal pembiayaan pelatihan IMDG Code yang terjangkau.

“Pelatihan IMDG Code yang di selenggarakan DPC Insa Jaya  bekerjasama dengan BP2TL Jakarta, nantinya akan mendapakan 3 sertifikat dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, BP2TL dan sertifikasi BNSP. Dan baru pertama kali Diklat ini di laksanakan INSA Jaya memperoleh sertifikat BNSP yang pertama di Indonesia,” tutur Erwin.

Erwin menambahkan rencananya tahun depan INSA Jaya akan melaksanakan Diklat boarding agent karena di pelabuhan Tanjung Priok sudah bertaraf internasional.

Turut hadir pada pelatihan IMDG Code oleh INSA Jaya yang diikuti 25 peserta orang diantaranya Eksekutif General Manager (EGM) Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri, Capt.Tri Mulyatno Budi dari BP2TL, Capt. Alliot dari LSP BP2TL Jagakarsa – Jakarta Selatan dan para pejabat KSOP Utama Tanjung Priok, dan para mitra INSA Jaya. (Mimbar Maritim).

Bagikan

Subscribe to Our Channel