Follow kami di google berita

Gelar Seminar dan Workshop Bangun Ketangguhan Keluarga dan Bangsa, Puspa Benuanta Kaltara Gandeng 5 Inspirator Lokal

A-News.Id, Tarakan- Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Benuanta Kalimantan Utara (Kaltara), terus mendorong perempuan berperan aktif di tengah keluarga dan bangsa.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni melaksanakan workshop dan seminar membangun ketangguhan keluarga dan bangsa.

Yang dihadiri narasumber  dari forum lintas agama perlindungan perempuan dan anak-anak –wahana visi Indonesia, Kepala Dinas DP3AP2KB Kaltara (Perwakilan) dan 50 peserta dari beberapa anggota puspa di lima Kabupaten/ Kota.

Ketua Forum Puspa Kaltara, Fanny Sumajouw S.Psi, Psikolog mengatakan,  workshop dan seminar yang dilakukan oleh pihaknya, merupakan yang pertama kali dilakukan dengan  menghadirkan lima inspirator lokal yang berasal dari  Kota Tarakan.

“Lima inspirator memiliki kiprah masing–masing di kota Tarakan. Ya, selama ini mereka tidak dilihat sedangkan keberadaan mereka memberi dampak bagi keluarga  dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Dengan adanya menghadirkan inspirator lokal, dia berharap, dapat menjadi role model bagi perempuan di Kaltara agar bisa berperan dalam kemajuan di keluarga maupun bangsa.

Sementara Ketua Forum Lintas Agama Perlindungan Perempuan dan Anak-Anak Wahana Visi Indonesia, Dr. Anil, memberikan apresiasi langkah-langkah Puspa Benuanta Kaltara dalam mendukung perempuan di Kaltara terus berkembang dan memberikan dampak baik bagi keluarga maupun masyarakat sekitar.

Dengan dihadirkan 5 inspirator lokal  yang telah berkiprah bagi masyarakat dan keluarga dari berbagai bidang.

Mulai dari pengiat literasi, pojok baca, home industri, pengelolaan bank sampah dan pendampingan anak (Disabilitas). Anil juga memuji praktek yang dilakukan kelima perempuan sangat baik.

“Apa yang mereka kerjakan itu untuk membangun kesadaran baru yang diangkat dari pengalaman. yang berbasis dari konsen mereka dan ini sesuai dengan konteks pemberdayaan masyarakat,” bebernya.

Kemudian, apa yang sampaikan kelima inspiartor sangat luar biasa karena bisa mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

“Orang-orang seperti inilah yang bisa menjadi inspirasi bagi yang lain, dan saya yakin banyak perempuan yang sebetulnya punya potensi dan pengalaman yang luar biasa tapi belum terekspos,” tukasnya.

Lalu dia berharap apa yang disampaikan kelima inspirator tidak hanya mendapatkan pemahaman dan pengetahuan melainkan belajar dari yang mereka sudah lakukan.

Peran pemerintah dalam meningkatkan apa yang telah dilakukan para inspirator juga harus menjadi perhatian pemerintah.

“Ya, kalau bisa lahir lagi inspirator baru  di kaltara yang diangkat untuk proses ke depannya,” harapanya. (*/adv/Lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel