Follow kami di google berita

Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pemprov Kaltim, Andi Harun Bahas Penanggulan Banjir Di Kota Samarinda

Anews.id, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan rapat koordinasi terkait penangan banjir di tahun anggaran 2022 dan 2023.

Kepada awak media, Walikota Samarinda Andi Harun menyampaikan bahwa koordinasi ini membahas pelaksanaan fisik rencana pembangunan dalam menanggulangi permasalahan banjir.

“Jadi yang dibahas di pertemuan tadi adalah pelaksanaan fisik, penangan masalah ganti rugi, dan penangan dampak sosial,” ungkap Andi Harun kepada awak media.

Selain itu, AH sapaan karibnya menambahkan telah melakukan normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) dan Polder Kota Samarinda, kemudian Jalan Kehewanan, dan Jalan Agus Salim.

“Kurang lebih panjangnya itu sekitar 820 meter, lalu dari jalan Agus Salim ke Jalan Perniagaan itu panjangnya 622.8 meter,” jelas AH.

Tak hanya itu, penegendalian banjir di Sungai Karang Asam besar juga akan dilakukan. Yakni, di segmen pasar Kedondong.

“Daerah ini (Pasar Kedondong) yang paling parah,” ucap AH.

Untuk di program tahun 2023, selanjutnya Pemkot Samarinda akan melakukan pengendalian banjir di Jalan Sentosa, Jalan Remaja, dan Jalan Ahmad Yani.

“Nanti rencananya akan dibuat saluran drainase di Jalan Pemuda 4 dengan panjang tertutup 160 meter, dan terbuka sepanjang 140 meter,” beber AH.

Sistem pengendalian banjir d Loa Janan dan Rapak Dalam Samarinda. Rencananya, sodetan di jalan poros Samarinda Balikpapan di daerah Loa Janan akan melakukan pembuatan dinding penahan tanah dengan menggunakan konstruksi beton,” imbuhnya.

Kendati itu, Orang nomor satu di Kota Tepian itu meminta pengertian dan pemahaman masyarakat yang berpotensi akan terdampak dari kegiatan itu.

Bagikan

Subscribe to Our Channel