Gelar Expose Dashboard Executive, Portal Satu Data Samarinda Kini Bisa Di Akses Masyarakat

(Foto; Walikota Samarinda, Andi Harun bersama Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayahtullah saat melihat Portal Satu Data Samarinda/Ist)

Anews.id, Samarinda – Dinas Komuninfo dan Komunikasi (Diskominfo) Kota Samarinda menggelar Expose Dashboard Executive Portal Satu Data. Rabu (5/10/2022).

Acara yang digelar di ruang rapat Mangkupalas, kantor Balai Kota Samarinda dihadiri langsung oleh Walikota Samarinda Andi Harun, Kepala Diskominfo kota Samarinda Aji Syarif Hidayahtullah, serta jajaran pejabat lainnya.

Diketahui, Diskominfo Kota Samarinda mengumpulkan, memeriksa, dan menyebarluaskan data serta mengevaluasi pengisian data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar masyarakat bisa mengakses apapun dengan mudah.

Walikota Samarinda Andi Harun menuturkan Indonesia pada saat ini berada pada Era Society 5.0. Dimana era ini setiap individu memiliki tiga kemampuan yakni, creativity, critical thinking, Communication, and Collaboration.

‘Mau tidak mau di Era Society 5.0 kita dapat membangun talenta dan literasi agar mampu mendorong seluruh masyarakat bertransformasi,” ungka Andi Harun.

Untuk itu, dengan adanya Portal Satu Data Samarinda AH sapaan karibnya akan menjadikan seluruh data yang di produksi OPD tersentral bisa memudahkan semua kalangan.

“Saya minta kepada seluruh OPD agar bisa aktif, dan rutin melakukan update data agar masyarakat bisa mudah dalam mengakses,” imbuh AH.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah menyampaikan dalam laporan Diskominfo pada satu data sebagai wali daerah yang mengumpulkan, menyebarluaskan data, dan mengevaluasi pengisian data dari OPD di kota Samarinda.

“Data itu di input OPD kedalam aplikasi satu data Samarinda yang kini telah dikembangkan dengan berbasis web dan mobile untuk menunjang program prioritas Walikota Samarinda,” pungkasnya Dayat sapaan karibnya.

 

Bagikan