Follow kami di google berita

Fix, Jembatan Sambaliung Dibuka Besok Sore

A-News.id, Tanjung Redeb – Sesuai rencana, Jembatan Sambaliung mulai dibuka besok (10/8/2023) untuk roda dua. Keputusan itu disepakati dalam rapat koordinasi rencana pembukaan Jembatan Sambaliung untuk roda dua yang dipimpin Wakil Bupati Berau, Gamalis, Rabu (9/8/2023) sore tadi.

“Sudah kita sepakati, besok mulai dibuka untuk roda dua,” tegas Gamalis, yang ditemui usai rapat.

Dikatakannya, rencananya jembatan dibuka sore hari sekitar pukul 15.30 Wita. Sebab saat dibuka harus ada persiapan, baik dari sisi pengamanan dan pengaturan arus kendaraan yang melintas maupun pembersihan material di kedua ujung jembatan.

“Jadi dibuka dengan mekanisme uji coba dulu, melihat antusias masyarakat. Termasuk melihat kesiapan petugas dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Karena ini harus ada pengaturan dan pengaman,” jelasnya.

“Sehingga jika ada hal-hal krodit bisa langsung dilakukan penanganan,” sambungnya

Hal ini juga dilakukan mengingat jembatan Sambaliung sementara dibuka hanya untuk roda dua. Sehingga menurutnya perlu pengawasan jangan sampai ada kendaraan roda empat yang melintas.

Selain persiapan, pembukaan juga akan diawali dengan prosesi tepung tawar dan doa selamatan.

Karena dibuka sore hari, Gamalis menegaskan pelayanan penyeberangan alternatif untuk orang tetap buka esok hari.

“Besok penyeberangan yang disiapkan pemkab terakhir. Kalau yang berbayar tidak ada batasan, silakan saja,” ujarnya.

Hanya saja kata dia untuk penyeberangan emergency tetap aktif.

“Emergency BPBD dan ambulans tetap aktif. Karena roda empat belum bisa melintas,” tegasnya lagi

“Mudah-mudahan sebelum HUT Berau bisa buka total sebagai kado ulang tahun Berau,” imbuhnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perbaikan Jembatan Sambaliung, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPRPera) Kaltim, I Nyoman Suardika, memastikan Jembatan Sambaliung siap dibuka untuk roda dua.

“Sesuai rencana, besok sudah siap dibuka untuk roda dua. Malam ini kami lembur membersihkan sisa material di sekitar jembatan,” ujarnya, (9/8/2023)

Sementara untuk roda empat, Nyoman menargetkan bisa melintas di Jembatan Sambaliung pada akhir September mendatang.

“Kontrak kerjanya berakhir Oktober, tapi kami target akhir September sudah dibuka untuk roda empat. Kalau bisa dipercepat, kita percepat. Tapi sebetulnya September itu sudah dipercepat, karena kalau mengikuti jadwal, bisa 6 bulan,” jelasnya.

Pihaknya pun berupaya agar jembatan bisa dibuka sepenuhnya sebelum HUT Berau September seperti yang disampaikan Gubernur.

Dikatakannya, saat ini pekerjaan yang masih berlangsung yakni persiapan pengecoran tiang perkuatan pilar. Hal ini lah yang menjadi alasan roda empat belum bisa melintas di jembatan tersebut.

“Karena nanti ada pengecoran. Makanya belum dibuka. Kita hindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik kita menunggu sampai selesai,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel