Follow kami di google berita

Embung Air Baku di Maratua Tahap Perencanaan

A-News.id, Tanjung Redeb – Rencana pembangunan embung air baku di Kecamatan Maratua oleh Pemkab Berau tahun 2024 ini mendapat saran dari Ketua Komisi III DPRD Berau, Sa’ga. Ia menekankan pentingnya persiapan matang dan perencanaan yang komprehensif untuk mengatasi kebutuhan air baku di Maratua yang telah menjadi isu menahun.

“Kebutuhan air baku di Maratua sudah lama menjadi masalah, dan kajian pemanfaatan air tanah yang dilakukan sejak tahun 2000 pun tidak menunjukkan hasil yang memuaskan,” ujar Sa’ga beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, Sa’ga menyatakan dukungannya terhadap rencana pembangunan Embung Air Baku di Maratua. Ia berharap proyek ini dapat menyelesaikan permasalahan air bersih di Maratua secara permanen.

“Kita dukung pembangunan ini demi kelancaran akses air bersih bagi masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sa’ga mengingatkan potensi lonjakan wisatawan di Maratua pasca pemindahan IKN ke Kalimantan Timur. Hal ini perlu diantisipasi dengan ketersediaan air baku yang memadai.

“Pertumbuhan resort dan penginapan di Maratua akan meningkatkan daya tarik wisata, sehingga kebutuhan air juga akan semakin bertambah,” bebernya.

Ia meminta Pemkab Berau untuk mempertimbangkan solusi jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan air baku di Maratua.  (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel