Follow kami di google berita

Dukung Kota Samarinda Sebagai Zero Waste, Novan Syahrony Pasie Minta DLH Miliki Strategi dan Inovas Untuk Kelola Sampah

Foto : Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda, M Novan Syahronny Pase.

Anews.id, Samarinda – Komisi III DPRD Kota Samarinda mendukung penuh langkah Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menjadikan Kota Tepian sebagian Zero Waste.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris komisi III DPRD Kota Samarinda, Novan Syahrony Pasie. Ia menginginkan OPD terkait bisa memiliki strategi dan inovasi dalam pengelolaan sampah.

“Persiapan harus segera dilakukan oleh Pemkot Samarinda karena sampah pasti melonjak selaras dengan pertambahan penduduk dengan adanya IKN,” Ungkap Novan sapaan karibnya. Senin (16/10/2023).

Lebih lanjut, Novan menjelaskan DLH Samarinda harus aktif melibatkan masyarakat setempat dalam pengelolaan dan pemisahan limbah organik, anorganik, dan bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Program daur ulang dapat menjadi salah satu solusi, serta dapat meningkatkan nilai ekonomi sampah. Sehingga, dengan sistem tersebut diharapkan mampu mengurangi volume sampah pada tempat pembuangan akhir (TPA),” Jelasnya.

Politisi dari fraksi Golkar itu menambahkan bahwa sejauh ini masih melihat tindakan nyata dari DLH dalam pengelolaan sampah belum begitu maksimal.

Dirinya pun meminta agar masyarakat dapat mendukung dan melibatkan diri demi terwujudnya program Samarinda Zero Waste (SZW) pada 2024. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel