Dua Jenazah Kru Helikopter Polairud yang Jatuh di Belitung Timur Dibawa ke Jakarta Besok

Pangkalpinang – Dua korban jatuhnya helikopter Polairud NBO-105 / P-1103 Badan Pemelihara Keamanan Mabes Polri segera dibawa ke Jakarta.

Jenazah dua kru helikopter Polri tersebut adalah Co Pilot helikopter Brigadir Polisi Satu Mochamad Lasminto dan teknisi pelaksana Brigadir Polisi Dua Muhammad Khoirul Anam.

Kepala Korps Polairud Inspektur Jenderal Indra Miza mengatakan jenazah kedua kru helikopter tersebut akan dibawa ke Jakarta besok pagi.

“Rencana besok pagi dua jenazah yang sudah kita temukan akan kita kirimkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Casa 296 milik Polri,” ujar Indra kepada wartawan usai rapat Analisa dan Evaluasi pencarian di Posko SAR Belitung Timur, Selasa, 29 November 2022.

Indra menuturkan pencarian dua korban lain yang belum ditemukan masih dilakukan sampai dengan Sabtu, 3 Desember 2022 mendatang. “Standar dari Basarnas, sampai tujuh hari. Jadi sampai hari Sabtu kita akan terus melakukan pencarian,” ujar dia.

Menurut Indra, tim SAR gabungan mendapat tambahan armada kapal dan peralatan untuk melakukan pencarian puing helikopter dan korban yang belum ditemukan. “Kita dapat tambahan satu kapal dari TNI Angkatan Laut KRI SPICA yang mempunyai kemampuan sonar untuk mendeteksi benda-benda dibawah laut. Sudah bergabung tadi siang,” ujar dia.

Selain itu, kata Indra, bantuan tambahan juga datang dari TNI Angkatan Udara yang mengerahkan pesawat Casa 235 untuk melakukan monitoring dari udara. “Ada juga dari TNI AL tambahan peralatan sonar yang portabel yang dipasang disalah satu kapal nelayan yang ikut melakukan pencarian. Besok kita akan mendapat bantuan kapal lagi dari Bea Cukai dan Bakamla. Semoga apa yang dicari besok bisa ditemukan,” ujar dia.

Sebelumnya helikopter Polri yang akan kembali ke pangkalan Polairud di Jakarta jatuh yang diduga akibat cuaca buruk di Perairan Buku Limau Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur pada Ahad, 27 November 2022 sekitar pukul 13.00 WIB. Helikopter tersebut ditumpangi Ajun Komisaris Polisi Arif Rahman Saleh sebagai pilot, Briptu Mochamad Lasminto sebagai co-pilot dan dua orang teknisi pelaksana yakni Aipda Joko Mudo dan Bripda Muhammad Khoirul Anam.

Jenazah Bripda Muhammad Khoirul Anam pertama kali ditemukan pada Senin, 28 November 2022 di Perairan Pantai Burung Mandi Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur. Sedangkan jenazah Briptu Mochamad Lasminto ditemukan hari ini di Perairan Manggar sekuat 2 mil dari bibir pantai.

Sumber tempo.co

Bagikan