Follow kami di google berita

DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK LANSIA TIBA DI BERAU

ANEWS, Berau – Menggunakan salah satu maskapai penerbangan, 2 kotak paket berisi vaksin sinovac tiba di bandar udara Kalimarau, Teluk Bayur, Rabu (10/03/2021) Siang.

Vaksin kiriman dari Dinas Kesehatan Kalimantan Timur tersebut, jumlahnya ada 110 vial atau 1.100 dosis yang akan diperuntukkan kepada warga lanjut usia (Lansia) di empat kecamatan terdekat yakni Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Gunung Tabur dan Sambaliung.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Berau, Garna Sudarsono mengatakan, lansia di empat kecamatan itu difokuskan untuk divaksin karena berada di wilayah yang masuk ke zona prioritas, sebab angka penyebaran virus corona masih tinggi.

“Terkait prosedur penyuntikkan sama dengan kelompok lainnya, sedangkan data lansia yang terdaftar sebagai calon penerima vaksin diperoleh dari pemerintah pusat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujarnya.

“Kalau ada pasti kita belum ada, namun sekitar 20an persen dari jumlah penduduk yang ada di Berau,” tambah Garna.

Terkait interval atau masa penyuntikkan pertama dan kedua diakui berbeda. Jika secara umum kelompok lain jangka penyuntikkan selama 14 hari. Akan tetapi untuk lansia jangkanya 28 hari.

“Memang itu tergantung dari uji klinisnya, tapi sebenarnya seperti Nakes segala itu boleh juga 28 hari kemudian. Jadi itu batas intervaln,” jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 24 warga lanjut usia sudah dilakukan penyuntikkan bersama dengan pelayanan publik di balai mufakat satu minggu lalu. Lebih lanjut, Dinkes belum menentukan jadwal penyuntikkan kelompok lansia berikutnya.

“Hasilnya aman dan masyarakat kita minta untuk tidak takut. Sampai saat ini untuk nakes dan pelayanan publik yang sudah divaksin sudah sekitar 2 ribu orang,” pungkasnya.(mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel