DISPERINDAG BERAU CEK SEMUA ALAT TAKAR MESIN SPBU DAN AMPS

ANEWS, Berau – Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Disperindag Kabupaten Berau beserta jajaran tengah melakukan pengecekan dan pemeriksaan alat takaran mesin di stasiun pengisian BBM di AMPS dan SPBU yang ada di Kecamatan Talisayan pada Rabu, 2/12.

Menurut Tamin, Kabid Usaha Perdagangan Disperindag Berau itu, di setiap SPBU dan AMPS takarannya rutin dicek atau ditera ulang setiap 3 bulan sekali di seluruh wilayah Kabupaten Berau, dan saat ini jajarannya sedang berada di Talisayan.

Pemeriksaan rutin terhadap alat takar mesin SPBU dan AMPS itu, tambah Tamin, dimaksud untuk mengecek dan mengetahui apakah takaran yang ada di mesin itu ada kejanggalan atau ‘tidak wajar’, yang bisa merugikan konsumen.

“Bila ada, kami dari dinas perindag akan mengambil tindakan berupa penyegelan atau pencabutan izin usahanya,” kata Tamin.

Seperti diketahui, pengujian alat takar pada mesin SPBU maupun AMPS merupakan kegiatan rutin dinas perindag (balai metrologi) untuk memantau dan memastikan agar alat takar mesin-mesin di stasiun-stasiun pengisian bahan bakar tersebut berjalan normal dan tidak ‘di-stel’ bagi keuntungan pengusahanya, tetapi berpotensi merugikan konsumen. (daeng)

Bagikan