Follow kami di google berita

Diskominfo Samarinda Gelar Sosialisasi Keamanan Siber Data

Anews.id, Samarinda – Diskominfo Samarinda mengadakan sosialisasi Security Awareness bagi pegawai di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kehati-hatian dalam menghadapi potensi ancaman keamanan siber data.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Samarinda, Agus Sri Hartoyo, mengatakan bahwa kemajuan teknologi saat ini memberikan kemudahan dalam menyelesaikan tugas-tugas di pemerintahan, namun juga membawa tantangan dan risiko.

“Penerapan tata kelola pemerintahan keamanan informasi pada saat ini sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan di instansi pelayanan publik,” ujarnya.

Sosialisasi yang mengusung tema ‘Kenali Modus Kejahatan Malware Berjenis Dot PDF dan Dot APK’ ini dilaksanakan di Ruang Rapat Mangkupelas, Kompleks Balai Kota Samarinda. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Ketua Relawan TIK Provinsi Kaltim, Surya Fajar Saputra.

Surya menjelaskan empat jurus literasi digital, yaitu digital skills, digital culture, digital ethics, dan digital safety. Ia juga memberikan tips untuk mengenali dan menghindari file-file berbahaya yang sering dikirim melalui pesan elektronik atau media sosial.

“Jika menerima pesan berupa file .apk, maka jangan diklik. Itu sudah pasti penipuan. Adapun untuk file pdf adalah pastikan file selalu tertulis dengan huruf kecil yakni ‘pdf’,” pungkasnya.

Agus berharap para peserta sosialisasi dapat menjadi agen dalam menyebarkan informasi dan menularkan ilmu kepada rekan-rekan di unit kerjanya masing-masing.

Ia juga mengimbau agar selalu waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas di dunia maya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel