Diknas Berau Minta Orangtua Waspada dan Cek Langsung ke Sekolah Terkait Dugaan Penipuan Berkedok Beasiswa

Suprapto, Sekretaris Diknas Kabupaten Berau

ANEWS, Berau – Menindak lanjuti adanya modus dugaan penipuan berkedok beasiswa yang dialami salah satu orang tua murid SMPN 03 Tanjung Redeb, beberapa waktu yang lalu, dimana setelah dikonfirmasi ke wali kelas di SMPN 03 kelihatannya sangat tertutup dan bahkan tidak memberikan no HP kepala sekolahnya yang diminta media untuk dihubungi, Senin, 28/6/2021 ANews menemui Sekretaris Dinas Pendidikan Berau, Suprapto, untuk meminta tanggapannya.

Menanggapi terkait hal itu, Suprapto mengatakan bahwa modus seperti itu minggu lalu dirinya juga mendengar ada modus yang mirip terjadi di orang tua murid SMAN 1 Berau,

Suprapto juga menjelaskan terkait beasiswa itu proses pengajuannya jelas,yaitu usulan dari sekolah, dan orangtua murid biasanya dipanggil ke sekolah ketika anaknya mau diusulkan untuk mendapatkan beasiswa, dan melengkapi data-data secara langsung, tidak ada prosesnya lewat telepon.

“Gak usah lagi rekening macam-macam lewat telepon, gak ada cara-cara seperti itu. Kalau begitu itu saya mencurigai, itu sudah penipuan;” tandasnya.

Suprapto khawatir harus berhati-hatilah para orangtua, kalau ada telepon seperti itu .klarifikasilah langsung ke sekolah, tambahnya.

“Datangi aja ke sekolah, gak apa-apa dan tanyakan benar gak ini,” tambahnya.

Dia juga mengatakan penipuan modus beasiswa lewat rekening seperti itu ujung-ujungnya orangtua malah bisa kehilangan dana.

Jadi imbau Suprapto jika ada orangtua murid yang mendapatkan telepon dari oknum yang tidak dikenal, memberitahu bahwa anaknya mendapatkan beasiswa, seharusnya orangtua segera mendatangi sekolah dan klarifikasi apakah informasi yang diterimanya itu benar atau seperti apa, sehingga orangtua murid tahu persisi kebenaran dari informasi yang diperoleh dari orang yang tidak dikenal tersebut.

Ketika ditanyakan apakah oknum-oknum pegawai sekolah itu ada diduga terlibat  dalam praktek penipuan dengan modus beasiswa, Suprapto yakin tidak ada, karena seharusnya orangtua murid bisa datangi langsung mengecek ke sekolah ke yang menangani terkait pengajuan beasiswa. (yud).

Bagikan