Follow kami di google berita

Diikuti 36 Perahu, Antusias Penonton Perahu Panjang Membludak

A-News.id, Tanjung Redeb — Dalam rangka hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) menggelar lomba perahu panjang tradisional tahun 2023, Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 36 peserta dari berbagai macam kampung dan kelurahan dari beberapa kecamatan. Selain itu, terpantau ratusan penonton dari dua arah yakni Gunung Tabur dan Tanjung Redeb berbondong-bondong menyaksikan ajang perlombaan ini.

Para penonton yang antusias dibawah teriknya matahari tetap menyaksikan perlombaan ini hingga berakhir. Salah satu warga Gunung Tabur, Jaya mengatakan, dirinya sudah menunggu dari jam 12 siang hingga lomba dimulai. Menurutnya ajang lomba dayung perahu panjang tradisional ini merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

“Saya menunggu dari jam 12 siang takut tidak dapat tempat, mudahan acara ini sering digelar,” ujarnya.

Sementara itu, dari sisi Tanjung Redeb, salah satu warga yang bersama keluarganya, Zikri menyaksikan dengan antusias. Menurutnya, lomba perahu panjang tradisional ini merupakan salah satu event budaya yang harus dilestarikan.

“Ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, karena disisi lain event ini dapat meningkatkan perekenomian warga,” ujarnya.

Diketahui ada enam trip penyisihan yang digelar, yang berhasil lolos akan langsung memasuki final dengan memperebutkan juara bergilir hingga juara harapan 3. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel