Follow kami di google berita

Ciptakan Pemilu Damai, Bupati : Ormas Jangan Jadi Pemicu Perselisihan

A-News.id, Tanjung Redeb – Bupati Berau Sri Juniarsih melalui Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Muhammad Said, meminta semua organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten Berau berperan aktif menciptakan Pemilu 2024 yang damai.

Dikatakannya, pemilu dan pilkada akan segera berlangsung dalam waktu dekat. Ia menginginkan momen ini tidak menjadi pemicu perselisihan yang memecah belah persatuan karena adanya perbedaan pilihan.

“Saya berharap jangan sampai gara-gara pemilu justru kita menjadi konflik,” katanya saat menghadiri Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Berau yang, Selasa (05/12/2023).

Said mengatakan bahwa setiap orang memang diberikan kebebasan untuk memilih. Kebebasan itu kemudian pasti akan melahirkan perbedaan. Namun ia mengingatkan jangan sampai perbedaan itu kemudian malah menjadi biang permusuhan antarpendukung.

“Silakan misalnya ada ormas tertentu mendukung si ‘a’ mendukung si ‘b’ tapi jangan sampai kemudian pilihan-pilihan ini justru seakan-akan memusuhi pilihan orang lain,” jelasnya.

Keberadaan ormas seharusnya dapat menjadi pemantik hidupnya persatuan, bukan sebaliknya malah menjadi pemicu lahirnya keretakkan atau perselisaihan di lingkungan masyarakat.

“Kita juga berharap peran ormas inilah yang akan mempersatukan, jangan menjadi pemecah,” ucapnya.

Karena itu, Said mengajak para pimpinan ormas agar menjaga anggotanya dengan cara memberikan pemahaman dan pembekalan dari sisi etika, agar pemilu dapat berjalan dengan baik tanpa ada sedikit pun gesekan.

“Supaya karakter dari masing-masing ormas itu bisa tergambar dari orang-orangnya atau kader-kadernya,” tutupnya. (jo/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel