Follow kami di google berita

Petani di Sukan Tengah Panen Raya Jagung

A-News.id, Sambaliung – Ladang jagung di Kampung Sukan Tengah, Kecamatan Sambaliung, Selasa (18/10/2022) siang menjadi tempat diselenggarakannya panen raya oleh para petani bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Berau.

Panen dilakukan secara manual dengan mengupas dan memetik jagung dari batangnya. Dalam kesempatan ini petani meminta agar pemda lebih memperhatikan kesejahteraan petani di Sukan yang menanam komoditi jagung.

Perhatian yang diinginkan antara lain, membantu pemasaran jagung sehingga hasil tani mereka bisa dijual dengan harga yang relatif sama dipasaran serta menguntungkan bagi petani.

Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan, selama ini petani hanya memperoleh harga pasar jagung yang biasa untuk pakan ternak Rp. 3 ribu per-kilogram. Padahal dari harga tersebut petani harus berjuang memenuhi kebutuhan tanaman seperti pupuk, bibit dan perawatan. Padahal normalnya harga di pasaran bisa sampai mencapai Rp. 5 ribu perkilogram.

“Ini saya sarankan agar kelompok tani menjualnya ke Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) dengan harga yang bisa memberikan keuntungan bagi para petani,” katanya.

“Itu juga kami akan bantu untuk memasarkan, jadi ada nota kesepakatan (MoU) antara BUMK dengan pembeli dengan harga yang tinggi,” tambahnya.

Kesempatan bertemu Bupati Berau Sri Juniarsih beserta rombongan itu pula dimanfaatkan petani menyampaikan aspirasi agar pemerintah membantu alat mesin pertanian untuk memudahkan produksi hasil panen jagung yang mereka miliki.

“Untuk alat bantu pertanian memang ada mesin khusus yang bisa memisahkan antara kulit dengan biji jagung sehingga proses produksinya tidak lagi manual, itu sudah kita sampaikan ke instansi terkait,” pungkasnya.

Luas lahan jagung yang menjadi tempat digelarnya panen raya tersebut, dipaparkan oleh Kepala Kampung Sukan Tengah Bunyamin adalah seluas 20 hektar persegi. Yang juga merupakan program dari dana desa mengenai ketahanan pangan dan hewani.

“Jadi tadi itu melibatkan kepompok tani yang ada di Sukan, biasa dalam sekali panen itu bisa mencapai 12 ton perhektare, hasil panen tersebut biasa dijual ke pasar diantaranya sebagai pakan ternak,” katanya. (Adv/mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel