Follow kami di google berita

Bupati Pastikan Kesiapan Armada dan Personel Hadapi Kebakaran Hutan dan Lahan

A-News.id, Tanjung Redeb — Apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sejumlah armada dan personel siap tanggulangi bencana karhutla.

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan, di Bumi Batiwakkal, 48 persen wilayah daratan Berau adalah kawasan hutan.

“Hutan di Berau sangat luas. Dan ini benar-benar harus dijaga,” ujarnya.

Dengan luasnya wilayah hutan Berau, menjadikan potensi kebakaran hutan di Beraus menjadi cukup tinggi. Bahkan, karhutla kerap terjadi di Bumi Batiwakkal.

“Potensi kebakaran hutan di Berau memang tinggi. Apalagi, jika musim kemarau melanda,” katanya.

Beberapa tahun lalu, Karhutla di Berau sempat membuat lalu lintas udara terganggu. Bahkan, masyarakat yang hendak berpergian ke luar daerah, harus menggunakan moda transportasi darat.

“Tentu persoalan ini, diharapkan agar tidak terulang,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan matangnya persiapan dari armada dan personel yang ada, mampu menangkal perluasan kebakaran hutan dan lahan di Berau.

“Lebih baik mempersiapkan tapi tidak digunakan. Dari pada saat ingin digunakan alat dan personel belum siap,” tegasnya.

Kendati demikian, meskipun alat telah disediakan, dan personel telah disiagakan, dirinya berharap tak ada kasus kebakaran hutan dan lahan di Berau.

“Peran instansi terkait, mulai BPBD, Kehutanan, TNI-Polri dan Perusahaan, harus bahu membahu untuk mengedukasi masyarakat. Agar tidak ada yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar,” tuturnya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. Sehingga, potensi kebakaran hutan dan lahan bisa ditekan.

“Kami meminta agar masyarakat lebih peka terhadap potensi bahaya. Jadi kalau mau membuka lahan pertanian, silakan pakai cara yang lebih ramah lingkungan,” tandasnya.(adv/poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel