Follow kami di google berita

Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media, Andi Harun Minta Profesi Jurnalis Untuk Sebar Berita Kebaikan

Anews.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun menggelar jamuan buka puasa bersama dengan awak media di anjungan karang mumus, komplek Balai Kota (Balkot) Samarinda. Kamis (28/4/2022).

Dalam perayaan menjelang Idul Fitri 1443 Hijrian, Andi Harun menyampaikan pentingnya peran media dalam menyampaikan suatu informasi berita yang selaras dengan perintah agama.

Ia menerangkan, kebenaran suatu informasi seyogyanya harus dicek secara jelas, dan tidak diterima secara mentah-mentah.

“Profesi kalian berbahaya, dalam perspektif agama, setiap ketikkan huruf, jika tidak disiapkan dengan niat yang baik, maka akan ada pertanggungjawabannya,” ungkap Andi Harun dalam sambutannya.

Pria yang kerap disapa AH itu menilai suatu berita bermuatan aib seseorang memiliki dua kemungkinan, yakni antara ghibah atau fitnah.

“Anggaplah pak Ibrahim (pejabat), kalau benar beliau mencuri maka itu adalah ghibah, kalau tidak benar maka itu adalah fitnah,” jelas AH.

Meski begitu, lainnya hal jika berkenaan dengan informasi publik mengacu Undang-Undang (UU) Nomor 40/1999 tentang Pers.

Andi Harun menyebut, dalam aturan itu juga menuntut awak media melakukan upaya konfirmasi guna menangkal hoaks, serta menaaati kode etik yang berlaku.

“Berita tidak boleh menghantam pribadi seseorang, karena itu masuk pembunuhan karakter. Jadi, perintah agama dan hukum sama-sama mendukung media untuk lebih baik,” tegasnya.

Kendati itu, orang nomor satu di kota Samarinda itu mengajak rekan jurnalis untuk menyebarkan berita kebaikkan yang berlandaskan fakta.

“Ayo jadikan profesi jurnalis untuk menyebar berita kebaikkan yang menjanjikan fakta, meski ada kekurangan, tapi tujuannya bukan merendahkan seseorang,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel