BPBD BERAU ADAKAN PELATIHAN PENGOPERASIAN GPS DAN GIS BAGI APARATUR PELAKSANA DALKARHUTLA

ANEWS, Tanjung Redeb – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau mengadakan acara Pelatihan Pengoperasian GPS (Global Positioning System) dan GIS (Geographic Information System) untuk aparatur DALKARHUTLA yang resmi dibuka langsung oleh Asisten 1 Sekertariat Daerah, Datu Kesuma di Hotel Derawan Indah pada Kamis (26/11/2020).

Dalam pelatihan tersebut Asisten 1, Datu Kesuma menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk melatih kesiapan anggota BPBD pada saat nanti mengantisipasi bencana seperti kebakaran hutan yang sering terjadi, agar lebih cepat diatasi bencana kebakaran tersebut.

GPS dan GIS ini ditujukan juga untuk peserta dari BPBD yang belum mengerti cara pengoperasian GPS, dan Pengenalan GIS tingkat dasar agar lebih mengerti cara mengoperasikan sistem kerja alat tersebut.

Pada Pelatihan ini BPBD Berau fokus pada penggunaan dan pemakaian sistem GPS dan GIS, kegunaan system tersebut agar anggota BPBD Berau bisa melakukan antisipasi bencana yang pada saat itu datang dan harus sudah sigap jika terjadi bencana alam tersebut. (jul)

Bagikan