Follow kami di google berita

BPK RI Terpilih sebagai Ketua Organisasi Lembaga Pemeriksa Sedunia 2028 – 2031

A-News.id, Busan — Pertemuan ke-59 Pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia, yang dikenal sebagai Governing Board Asian Organization of Supreme Audit Institutions (GB ASOSAI), mengumumkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Internasional Lembaga Pemeriksa Sedunia, atau International Conference of Supreme Audit Institutions (INCOSAI), yang akan diselenggarakan pada tahun 2028. Ini akan menjadi periode regional Asia untuk acara tersebut. Tuan rumah INCOSAI ini juga akan menandai masa Kepemimpinan BPK dalam Organisasi Lembaga Pemeriksa Sedunia, atau International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI), dari tahun 2028 hingga 2031.

Keputusan hasil Pertemuan ke-59 GB ASOSAI ini akan diajukan untuk disahkan dalam ASOSAI Assembly ke-16 yang akan berlangsung di India pada tahun 2024. Kepemimpinan BPK dalam organisasi lembaga pemeriksa sedunia ini menjadi yang pertama sejak INTOSAI didirikan pada tahun 1953.

INTOSAI adalah organisasi lembaga pemeriksa negara-negara di seluruh dunia yang beroperasi secara otonom, independen, dan non-politis. Organisasi ini bertujuan untuk mempromosikan tata kelola sektor publik dengan memperkuat peran lembaga pemeriksa dalam meningkatkan kinerja pemerintah, yang harus transparan, akuntabel, dan kredibel, serta memberikan manfaat kepada masyarakat di masing-masing negara.

Saat ini, INTOSAI memiliki 195 anggota penuh, 5 anggota rekanan, dan 2 anggota terafiliasi. BPK telah menjadi anggota penuh INTOSAI sejak tahun 1968. Saat ini, kepemimpinan INTOSAI untuk periode 2022-2025 dipegang oleh regional Amerika, yang diwakili oleh SAI Brazil, sementara kepemimpinan untuk periode 2025-2028 akan dipegang oleh regional Afrika, yang diwakili oleh SAI Mesir. (YF)

Bagikan

Subscribe to Our Channel