Follow kami di google berita

BLT Dampak Inflasi untuk 500 Pelaku UMKM di Tanjung Redeb Cair, Kecamatan Lain Harap Bersabar

A-News.id, Tanjung Redeb – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau sudah mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) inflasi kepada pelaku usaha mikro kecil menengah. Penyaluran bantuan dilaksanakan di dua lokasi yakni di kantor Diskoperindag dan Kecamatan Tanjung Redeb, Senin (26/12/2022).

Pada tahap awal ini, Kepala Diskoperindag Berau Eva Yunita menyampaikan, ada 500 penerima BLT. Jumlah tersebut, baru sebagian kecil dari total pelaku UMKM se Kabupaten Berau yang berjumlah 4 ribuan orang.

Adapun besaran BLT yang diberikan kata Eva, adalah Rp 200 ribu perbulan, yang akan diberikan sebanyak tiga bulan dengan nilai total Rp 600 ribu kepada setiap pelaku UMKM penerima manfaat di Kabupaten Berau.

“Ini sebenarnya memang program pemerintah provinsi, kita dari diskoperindag itu hanya sekadar menyiapkan data, jadi data yang kita usulkan itu yang akan disalurkan,” katanya saat dijumpai di sela-sela penyaluran BLT.

Karena waktu yang singkat mendekati akhir tahun, kata Eva, penyaluran baru bisa dilakukan untuk Kecamatan Tanjung Redeb, sedang untuk kecamatan lain secara bertahap akan disalurkan dengan jangka waktu paling lambat di bulan Januari 2023 mendatang.

“Menurut informasi, untuk tahap selanjutnya paling lambat Januari 2023 itu sudah cair semua untuk 13 kecamatan se Kabupaten Berau,” pungkasnya.

Salah satu penerima BLT Marini mengatakan, sangat senang dengan bantuan program yang diberikan oleh pemerintah tersebut. Kata dia, paling tidak dengan uang tersebut, bisa membantu ia sebagai modal dalam usaha sehari-hari.

“Sudah beberapa kali saya dapat BLT, memang cukup membantu kita menambah modal untuk berjualan,” ungkap warga Tanjung Redeb tersebut. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel