BERAU MAKIN GAWAT, TAMBAHAN POSITIF COVID-19 ADA 107 PASIEN

Iswahyudi selaku Kadinkes Berau

ANews, Tanjung Redeb – Dinas Kesehatan Berau kembali merilis perkembangan terkait kasus terkonfirmasi positif covid-19. Baru-baru ini, terdapat ada penambahan yang cukup signifikan, Sabtu (26/12/2020).

Dari hasil sampel yang dilakukan tim medis, terdapat ada 107 tambahan pasien yang dinyatakan terjangkit virus corona.

“Ratusan warga yang menjadi tambahan ini, berasal dari lima kecamatan, diantaranya, Gunung Tabur, Maratua, Tanjung Redeb dan Teluk Bayur,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi dalam rilisnya.

Bahkan dinyatakan melalui rilis tersebut, sumber penularannya pun berbagai jenis. Mulai dari kontak erat, transmisi lokal, pelaku laku perjalanan, klaster perusahaan tambang, dan klaster BNI.

“Saat ini terjadi lonjakan kasus yang sangat signifikan di Kabupaten Berau, sehingga
RSUD Abdul Rivai sebagai RS Rujukan covid-19 dan RS Darurat Covid-19 telah terisi penuh oleh pasien dengan gejala sedang, berat dan pasien yang tidak meiliki fasilitas untuk isolasi mandiri,” ungkap Iswahyudi.

“Hal tersebut menyebabkan banyaknya pasien yang masih belum mendapatkan
perawatan secara intensif dan melakukan isolasi mandiri di rumah,” katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut maka diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga dapat menekan angka penularan yang semakin meningkat.

“Saat ini juga aa satu pasien covid-19 meninggal dunia dengan identitas Ny.DJN (66 tahun) warga Tanjung Redeb merupakan transmisi lokal yang belum diketahui sumber penularannya,” ujarnya.

“Pasien meninggal dunia pukul 16.30
WITA tanggal 25 Desember 2020 di ruang isolasi covid-19 RSUD Abdul Rivai,” imbuh Iswahyudi.

Selain tambahan positif dan meninggal di atas terdapat 23 pasien covid-19 dinyatakan selesai isolasi dan sembuh.

“Dengan demikian saat ini positif covid-19 di Kabupaten Berau berjumlah 961 kasus, masih menjalani perawatan 327 kasus dan 14 kasus meninggal dunia. Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau dapat menerapkan protokol Kesehatan dengan disiplin,” tegas Iswahyudi di akhir rilisnya. (mik)

Bagikan