Follow kami di google berita

Berau Boyong 4 Piala Ajang Lomba Lintas Alam Gugus Depan Unmul

A-News.id, Tanjung Redeb – Universitas Mulawarman menggelar kegiatan bertajuk Lomba Lintas Alam Gugus Depan Universitas Mulawarman (LLAGUM 2023) dengan tema, “Bersinergi Tanpa Batas, Menciptakan Pramuka yang Kreatif dan Inovatif”.

Kegiatan ini melibatkan 215 peserta dari 17 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur dan berlangsung selama 5 mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober lalu.

Kategori yang diperlombakan diantaranya: Teknologi Tepat Guna, Miniatur Pioneering, Rangking 1, Poster, String Art, Film Pendek, dan E-Sport.

Dari Kabupaten Berau, SMAN 4 dan SMAN 1 ikut ambil bagian dan berhasil menyabet 4 piala dengan kategori: Rangking 1, String Art, Miniatur Pioneering, dan E-Sport.

Dari keempat lomba itu, boleh dikata kategori Rangking 1 peserta dituntut memiliki pengetahuan umum, kebudayaan, dan kepramukaan. Kategori ini proses penilaiannya cukup panjang, terdiri dari 3 sesi dengan sesi pertama, sesi semifinal, dan sesi final.

Di sesi pertama, peserta mengikuti pertanyaan dan menjawabnya melalui aplikasi dengan penilaian kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Dari sesi pertama menyisakan 10 peserta untuk melangkah ke sesi semifinal.

Pada sesi semifinal, tidak menggunakan lagi aplikasi untuk menjawab, tapi memakai media papan dengan menjawab pertanyaan benar atau salah. Pada sesi ini tinggal 5 orang peserta untuk melangkah ke final.

Babak final terdiri dari 10 pertanyaan dan peserta diharuskan menjawab secara lisan. Dari 5 orang finalis, salah satunya adalah siswa SMAN 4 Berau berhasil menyabet piala.

“Alhamdulillah, kami meraih juara kedua dalam lomba kategori Rangking Satu,” beber M. Dewa Ganesha Ichsan siswa kelas XII IPS 2 SMAN 4 Berau dan juga juara ketiga Duta Budaya 2023. (*/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel