Follow kami di google berita

Sat Lantas Polres Berau Imbau Warga Hindari Puncak Arus Mudik

A-News, Tanjung Redeb – Tinggal menghitung hari, Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah akan segera tiba. Di beberapa minggu terakhir di bulan suci ramadan tentu saja, akan banyak masyarakat yang berbondong-bondong melaksanakan kegiatan mudik lebaran. Menyambut hal itu, Sat Lantas Polres Berau mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati saat perjalanan, khususnya yang bepergian melalui darat, Sabtu (23/4/2022).

Kasat Lantas Polres Berau, AKP Edo Damara Yudha menyebut, lantaran tahun 2022 ini tidak ada pembatasan pelaksanaan mudik lebaran. Maka ia mengimbau agar masyarakat dapat bepergian sebelum puncak arus mudik. Itu untuk menghindari terjadinya kemacetan, antar dua arus, baik yang akan balik menuju Kabupaten Berau maupun yang akan keluar dari Kabupaten Berau.

“Untuk puncak arus mudik itu tanggal 29 April sedangkan arus balik itu tanggal 8 Mei 2022, jadi kami mengimbau agar masyarakat yang akan melaksanakan mudik itu kalau bisa menghindari tanggal puncak arus mudik tersebut,” ujarnya.

Karena pada tahun ini mudik sudah diperbolehkan tanpa ada pembatasan, maka untuk kebijakan penyekatan tidak lagi dijalankan termasuk pos penyekatannya. Sebaliknya, untuk pos pengamanan dan pelayanan (pospam) tetap didirikan, di setiap pintu masuk Kabupaten Berau dan beberapa ditempatkan di tepi jalan raya dekat perkotaan.

AKP Edo juga menyatakan, untuk kendaraan umum pengangkut penumpang pun sudah dilakukan ram check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin. Bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan layak jalan.

“Kita sudah berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Dishub untuk melaksanakan ram check pada kendaraan umum tersebut. Jadi itu kita periksa menyeluruh, mulai dari kelengkapan kendaraan, remnya, kemudian sopirnya pun kita cek, kita berikan imbauan juga agar selalu mematuhi ketentuaan mengemudi,” jelas perwira balok tiga tersebut.

“Dari hasil ram check pun semua layak untuk beroperasi. Kendaraan umum kemarin yang kita periksa itu antara lain adalah bus dan mobil-mobil travel resmi,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel