Follow kami di google berita

Bangun Kemandirian Desa, Labanan Makarti Optimistis Juara Lomba Desa Tingkat Nasional

A-News.id, Tanjung Redeb – Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, lolos tiga besar pada lomba desa tingkat Nasional Regional III yang digelar Kementerian Dalam Negeri. Mewakili Kaltim, Kampung Labanan Makarti lolos bersama Desa Bombanan Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, dan Desa Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Kepala Kampung Labanan Makarti, Mudawi, diundang untuk presentasi calon juara dihadapan dewan juri di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri di Jakarta, Rabu (9/8/2023). Presentasi ini didampingi Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kaltim, Kepala DPMK Berau, Ketua BPD dan LPM Labanan Makarti, serta Ketua TP PKK Labanan Makarti.

Diawali dengan menampilkan video pembangunan desa, selama 20 menit Kepala Kampung Labanan Makarti, Mudawi, memaparkan program dan hasil pembangunan desa di hadapan dewan juri.

Mudawi menggambarkan inovasi yang telah dilakukan pemerintah kampung. Termasuk keberhasilan membangun dan mengembangkan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang telah memberikan kontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Kampung (PAK).

Mengusung visi terwujudnya Kampung Labanan Makarti yang maju dan mandiri serta religius dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal. Mudawi telah melakukan inovasi dalam pengembangan sistem informasi desa dengan penerapan aplikasi berbasis online. Hingga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam membangun dan mengelola potensi kampung.

“Bersama perangkat kampung, kami melakukan strategi membangun desa dengan menggali potensi, melakukan inovasi, mengoptimalkan keunggulan dan membangun kemandirian desa,” ungkapnya.

Kampung Labanan Makarti pada tahun 2022 lalu juga berhasil mendeklarasikan sebagai kampung bebas ODF dan juga kampung bebas dari stunting. Program ini dicapai dengan memberikan pendampingan dan mengalokasikan 2,5 persen dari hasil BUMK untuk keluarga miskin dan rawan stunting.

Menjadi salah satu peserta tiga besar dilomba desa tingkat nasional, Mudawi mengaku bersyukur dan tentu menjadi semangat untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat Labanan Makarti maupun Kabupaten Berau dan Kalimantan Timur secara luas.

Ia berharap bisa menjadi yang terbaik dan kembali menambah deretan kampung juara di tingkat Nasional, setelah kampung Sumber Agung tahun lalu.

“Sebagai peserta kami sangat terkesan, dari daerah yang terpencil bisa sampai nasional, kami optimistis Labanan Makarti juara,” ucapnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengaku bangga untuk kedua kali mendampingi kampung dari Kabupaten Berau mengikuti penilaian hingga tingkat Nasional. Tentu ini menjadi kebanggaan tidak hanya Berau tetapi juga Kalimantan Timur.

Dia menegaskan, Pemkab Berau akan terus mensuport inovasi pemerintah kampung, termasuk dalam mengembangkan BUMK dengan dukungan anggaran melalui alokasi dana kampung (ADK).

“Tentu kami terus mensuport untuk kampung menjadi semakin baik dan masyarakat semakin sejahtera,” imbuhnya. (Prokopim/ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel